Pengertian Adaptasi Dan Macam – Macam Adaptasi Makhluk Hidup

Pengertian Adaptasi Dan Macam – Macam Adaptasi Makhluk Hidup | Adaptasi merupakan salah satu ciri mahkluk hidup yang bertujuan untuk mempertahankan jenisnya dari kepunahan. Adaptasi sangat penting untuk dilakukan mahluk hidup agar tidak terjadi kepunahan. Lalu bagaimana mahkluk melakukan adaptasi terhadap lingkungan? Berikut penjelasannya

A. Pengertian Adaptasi

Sebelum membahas tentang bagaimana mahkluk hidup melakukan adaptasi, ada bakinya kita bahas terlebih dahulu oengertian adaptasi itu sendiri.
Adaptasi adalah kemampuan makhluk untuk menyesuaikan  diri dengan lingkungan hidup dimana mereka tinggal. 
Adaptasi sangat diperlukan oleh makhluk hidup di bumi, karena setiap lingkungan dibumi memliki karakteristik yang berbeda – beda. Misalnya saja di lingkungan yang suhu dingin akan berbeda dengan lingkungan yang bersuhu panas. Sehingga makhluk hidup perlu menyesuaikan diri agar mampu bertahan hidup dalam lingkungannya. 

Penyesuaian makhluk hidup ini menyebabkan makhluk hidup memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda pada tiap – tiap lingkungan. Misalnya, beruang kutub memiliki bulu yang lebat untuk melingdungi tubuhnya dari suhu dingin atau unta yang memiliki punuk di bagian punggungnya sebagai penyimpan cadangan air karena hidup di gurun yang sulit untuk menemukan air. 

Lingkungan tempat makhluk hidup berkembangbiak disebut dengan habitat. Pada umunya makhluk hidup yang sudah beradaptasi di llingkungan tertentu akan sulit untuk beradaptasi di lingkungan yang lain. Kecuali manusia yang mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan karena memiliki kemampuan untuk berpikir dan memiliki otak yang digunakan untuk menyesuaikan dengan kemauannya. 

pengertian adaptasi makhluk hidup
beruang kutub memiliki bulu yang tebal untuk bertahan hidup di daerah kutub

B. Macam – macam Adaptasi

Adaptasi yang dilakukan makhluk hidup tebagi menjadi 3 macam, yaitu:

1. Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh dan struktur tubuh luar makhluk hidup atau alat – alat tubuh makhluk hidup terhadap tempat tinggal lingkungannya. 
Adaptasi ini dilakukan untuk menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan bagaimana kondisi tempat tinggalnya guna mempertahankan hidupnya. Misalnya, mamalia pemakan rumput memiliki gigi seri yang berbentu kapak yang berfungsi untuk menjepit dan memotong makanan yang berupa rumput, burung elang memiliki paruh yang sesuai untuk mengoyak daging mangsanya, ataupun itik dan angsa yang memiliki jari kaki berselaput agar mampu berenang di air.

pengertian adaptasi makhluk hidup
paruh burung elang menyesuaikan dengan makanannya


2. Adaptasi Fisiologi 

Adaptasi fisiologi yaitu penyesuaian fungsi alat tubuh bagian dalam pada makhluk hidup terhadap kondisi lingkungannya. 
Adaptasi ini biasanya menyangkut fungsi organ tubuh makhluk hidup. Biasanya melibatkan zat – zat tertentu untuk membantu proses metabolisme. Misalnya, pada hewan herbivora/pemakan tumbuhan memiliki enzim selulase yang dapat membantu usus dalam mencerna rumput atau daun yang mengandung banyak serat. Sedangkan adaptasi fisiologi pada manusia misalnya yaitu jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di daerah pantai/dataran rendah.

pengertian adaptasi makhluk hidup

3. Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku yaitu penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Adaptasi tingkah laku berhubungan dengan tindakan makhluk hidup untuk melingdungi diri dari serangan pemangsa. Misalnya, bunglon akan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungannya agar lebih mudah mendapatkan mangsa dan ikan paus yang secara berkala muncul ke permukaan air untuk bernapas, karena paus merupakan mamalia yang bernapas dengan paru – paru. 

pengertian adaptasi makhluk hidup

Demikian penjelasan mengenai pengertian adaptasi dan macam – macam adaptasi pada mahkluk hidup. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Adaptasi Dan Macam – Macam Adaptasi Makhluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel