Pengertian Besaran Pokok dan Pengertian Besaran Turunan

Menurut para ahli pengertian besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka seperti panjang, berat atau luas sesuatu. Adapun satuan adalah ukuran suatu besaran seperti centimeter, second dan sebagainya. 

Banyak sekali besaran-besaran yang dapat kita temukan dalam fisika. Namun demikian, secara umum kita dapat mengelompokkan semua besaran yang ada ke dalam dua kelompok, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Untuk lebih memahaminya, silahkan baca pembahasan tentang pengertian besaran pokok dan besaran turunan berikut ini:

a. Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok atau besaran inti merupakan besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak memiliki ketergantungan pada besaran lainnya. Besaran ini nantinya memiki beberapa cabang yang dinamai dengan besaran turunan. Terdapat tujuh besaran pokok yang telah ditetapkan, diantaranya:

  1. massa
  2. waktu
  3. panjang
  4. kuat arus listrik
  5. temperatur
  6. intensitas cahaya
  7. jumlah zat


Selain besaran-besaran di atas, terdapat dua besaran tambahan yang tidak memiliki dimensi, yakni sudut datar dan sudut ruang (tiga dimensi). Satuan dan lambang satuan dari besaran pokok dapat Anda lihat pada Tabel berikut:
pengertian besaran pokok
Tabel Besaran Pokok, Satuan dan Lambangnya

b. Pengertian Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disebut satuan turunan dan diperoleh dengan mengabungkan beberapa satuan besaran pokok.Sebagai contoh, volume sebuah balok adalah panjang × lebar × tinggi. Panjang, lebar, dan tinggi adalah besaran pokok yang sejenis. Dengan kata lain, volume diturunkan dari tiga besaran pokok yang sejenis, yakni panjang.

Contoh lain adalah kelajuan, yakni jarak dibagi waktu. Kelajuan diturunkan dari dua besaran pokok yang berbeda, yakni panjang (jarak) dan waktu. Selain memiliki satuan yang diturunkan dari satuan besaran pokok, besaran turunan juga ada yang memiliki nama satuan tersendiri.Untuk tahu lebih detail, coba lihat beberapa jenis besaran turunan berikut ini:

pengertian besaran turunan
Contoh Besaran Turunan dan Satuannya
Dalam pembahasan tentang pengertian besaran pokok dan besaran turunan kali ini, Abimuda cukupkan dengan beberapa contoh besaran turunan saja. Sebenarnya masih banyak besaran turunan yang kita kenal dalam ilmu fisika yang dapat kamu cari-cari sendiri dari berbagai artikel yang berserakan di buku-buku dan halaman internet.

0 Response to "Pengertian Besaran Pokok dan Pengertian Besaran Turunan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel