Loading...

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang pengertian pengukuran dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Tentu dalam kehidupan sehari-hari, para pembaca pernah melakukan atau minimal melihat proses pengukurankan ? Ketika anda membeli beras misalnya, si penjual akan menimbang beras yang akan anda beli untuk mengetahui masanya. Hal ini berarti si penjual beras sedang melakukan proses pengukuran masa beras yang akan anda beli. 

Contoh yang lain dapat anda temukan dalam proses jahit-menjahit. Ketika akan menjahit pakaian, seorang tailor atau penjahit tentu akan mengukur panjang kain yang akan dijahinya bukan ? Nah ini berarti seorang penjahit sedang melakukan pengukuran.

Pengertian Pengukuran Dalam Fisika
Mistar; Contoh Alat Ukur Panjang

Adapun pengertian pengukuran dalam ilmu fisika adalah:
membandingkan nilai besaran yang diukur dengan besaran jenis yang ditetapkan sebagai satuan. 

Sebagai contoh, ketika penjual beras mengukur massa dari beras, artinya penjual tersebut membandingkan nilai besaran massa dengan satuan massa yang sudah ditentukan.Baik satuan masa yang berupa kilo gram (kg), gram (g) atau yang lainnya.

Seorang Penjual Sedang Menimbang Beras (foto:Antaranews)

Dalam pengukuran, untuk memperoleh hasil pengukuran dengan nilai persentase kesalahan sekecil mungkin, pastikan anda telah melewati langkah-langkah pengukuran dengan benar, mempertimbangkan aspek akurasi (ketepatan), kesalahan matimatis, ketelitian dan kepekaan atau sensitivitas alat ukur yang digunakan.

Dalam pengukuran dikenal juka istilah ketidak pastian. Yaitu sebuah parameter yang menetapkan rentang nilai yang didalamnya diperkirakan terletak nilai kuantitas yang diukur. Untuk lebih jelasnya insyaAlloh kita akan bahasa dalam artikel tersendiri.

0 Response to "Pengertian Pengukuran Dalam Fisika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...