Pertumbuhan Dan Perkembangan pada Tumbuhan

Pertumbuhan Dan Perkembangan pada Tumbuhan | Pertumbuhan dan perkembangan merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Semua makhkluk hidup baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan mengalami fase yang bernama tumbuh dan berkembang. Artikel kali ini akan membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan. Bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya? Simak ulasan berikut 

A. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebelum membahas mengenai proses dan hal – hal apa yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari pertumbuhan dan perkembangan itu sendiri.

pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, jumlah sel atau protoplasma yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal). Misalnya pohon yang bertambah tinggi atau diameter batang pohon yang bertambah besar. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju dewasa. Dengan kata lain berkembang adalah penyempurnaan/perubahan struktur  dan fungsi organ yang menyertai proses pertumbuhan. Misalnya berkembangnya fungsi alat kelamin pada tumbuhan. 

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor-faktor dalam dan luar. Faktor yang terdapat dalam tubuh organisme, antara lain sifat genetik yang ada di dalam gen dan zat pengatur tumbuh yang merangsang pertumbuhan. Adapun faktor lingkungan merupakan faktor dari luar yang memengaruhi pertumbuhan.

B. Tahap - Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan

1. Tahap Awal Pertumbuhan 
Pertumbuhan pada biji dimulai ketika proses fisika, kimia dan biologi berlangsung. Pertama – tama biji melakukan imbibisi atau penyerapan air sampai ukuran biji semakin bertambah dan menjadi lunak. Saat air masuk ke dalam biji, enzim – enzim mulai aktif sehingga terjadi berbagai reaksi kimia. Kerja enzim ini yaitu mengaktifkan metabolisme di dalam biji dengan mensintesis cadangan makanan sebagai persediaan cadangan makanan pada saat perkecambahan berlangsung. 

2. Perkecambahan 
Perkecambahan yaitu munculnya plantula (tanaman kecil) dari dalam biji yang merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan embrio. Pada saat biji mengalami perecambahan, bagian plumula akan tumbuh dan berkembang menjadi batang sedangkan radikula akan tumbuh menjadi akar.

pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan


3. Pertumbuhan Primer
Fase perkecambahan di atas akan diikuti oleh pertumbuhan tiga system jaringan primer yang terletak di akar dan batang. Pada fase ini tumbuhan akan membentuk akar, batang dan daun.

Tiga sistem jaringan primer yang terbentuk tersebut antara lain yaitu ;
  1. Protoderm, merupakan lapisan terluar yang akan membentuk jaringan epidermis
  2. Meristem dasar, yang selanjutnya berkembang menjadi jaringan dasar yang mengisi lapisan korteks pada akar diantara style dan epidermis
  3. Prokambium, yaitu lapisan dalam yang akan berkembang menjadi silinder pusat yaitu xylem dan floem.


Pertumbuhan Primer pada Akar

Akar yang keluar dari biji selanjutnya akan masuk ke dalam tanah dan membentuk system perakaran tanaman. Pada ujung akae yang masih muda, terdapat empat daerah pertumbuhan, yaitu sebagai berikut;
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

  • Tudung akar (kaliptra)
  • Meristem
  • Daerah pemanjangan sel
  • Daerah diferensiasi 


Pertumbuhan Primer pada Batang 

Pertumbuhan dan perkembangan primer pada batang meliputi daerah pertumbuhan (titik tumbuh), daerah pemanjangan, dan daerah diferensiasi. Meristem apikal pada batang dibentuk oleh sel-sel yang senantiasa membelah pada ujung tunas yang biasa disebut kuncup. Di dalam kuncup, ruas batang dan tonjolan daun kecil (primordia) memiliki jarak sangat pendek karena jarak internodus (antarruas) sangat pendek. Pertumbuhan, pembelahan, dan pemanjangan sel terjadi di dalam internodus.
4. Pertumbuhan Sekunder
Pertumbuhan sekunder terjadi setelah meristem primer membentuk jaringan permanen. Pertumbuhan sekunder ini hanya terjadi pada tumbuhan dikotil, yaitu pembentukan kambium yang terbentuk dari kolenkim dan parenkim.

C. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi akibat beberapa faktor. Faktor – faktor tersebut bias berasal dari dalam maupun dari dalam tumbuhan itu sendiri.

1. Faktor Dalam 
Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan yaitu berasal dari gen dan zat pengatur tumbuh (hormon).
Faktor gen merupakan faktor pewarisan sifat pada keturunan yang terkandung di dalam gen. sedangkan hormone pada tumbuhan merupakan senyawa organik yang dapat mendukung, menghambat dan mengubah proses fisiologis tumbuhan. 

2. Faktor Luar
Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah faktor lingkungan. Misalnya, air, nutrisi, cahaya, suhu, dan kelembapan.
Itulah sedikit pembahasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan. 

Semoga menjadi bahan renungan tentang kekuasaan Sang Pencipta. 

0 Response to "Pertumbuhan Dan Perkembangan pada Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel