Contoh Klasifikasi Kingdom Monera

Dalam klasifikasi makhluk hidup, kita mengenal istilah kingdom monera. Apa itu kingdom monera ? Kingdom monera merupakan satu dari lima kingdom yang kita kenal dalam sistem klasifikasi makhluk hidup. Kingdom monera adalah kelompok makhluk hidup yang tidak mempunyai memberan inti atau dikenal dengan istilah organisme prokariot. Berbeda dengan keumuman makhluk hiduplainnya yang rata-rata memiliki memberan inti atau eukariot.

Organisme yang diklasifikasikan ke dalam kelompok monera antara lain bakteri dan alga biru.

Bakteri (bacterial)

kingdom monera

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan organisme yang satu ini. Walaupun bentuknya sangat kecil dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop, organisme ini cukup dikenal karena sering menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit. Walaupun dalam kenyataannya tidak semua bakteri merugikan manusia. Ada bakteri yang memberikan keuntungan bagi manusia seperti bakteri liktobasilus yang baik untuk membantu pencernaan dalam tubuh manusia.

Apa saja ciri-ciri bakteri ?

Bakteri merupakan organisme prokariot yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Organisme ini memiliki beberapa ciri , diantaranya:
 Bakteri hanya memiliki satu sel dengan ukuran berkisar 4-8 mikron
 Bakteri ada yang berbentuk bulat (kokus), spiral (spirillum), dan basil (batang)
 Jika berkoloni, bakteri dapat terlihat

Bagaimana Cara Bakteri Hidup ?

Secara umum bakteri hidup dengan mengambil bahan organik dari lingkungannya. Oleh karena itu, bakteri tergolong makhluk hidup heterotof. Walaupun demikian, ada juga bakteri yang bersifat autotrof  yang dapat menyerap bahan anorganik dan mengubahnya menjadi zat organik melalui proses  fotosintesis. Bakteri hijau dan ungu merupakan beberapa bakteri yang memiliki kemampuan itu.

Bakteri hetorotof ada yang bersifat saprofit dan ada juga yang parasit. Bakteri saprofit adalah bakteri yang tidak mengancam mahluk hidup lain dan hidup di alam bebas dengan mengurai sampah, bangkai dan juga kotoran.

Sedangkan bakteri parasit biasanya tumbuh di tubuh makhluk hidup lain seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Bakteri jenis bersifat merugikan bahkan mengancam keberlangsungan hidup inang yang ditumpanginya. 

Beberapa penyakit manusia yang disebabkan oleh bakteri parasit contohnya tuberculosis (TBC), kolera, tifus, disentri, bisul, kencing nanah dan sifilis. Bakteri farasit dapat menular melalui makanan, minuman dan lain-lain.

Manusia yang terjangkit firus tuberculosis


Bagaimana Cara Bakteri Berkembang Biak ?

Bakteri dapat berkembang biak dengan dua cara; kawin dan tak kawin. Perkembang biakan secara kawin, dilakukan oleh dua sel yang berdekatan yang membentuk saluran konjugasi. Dengan cara demikian, sel plasma dari satu sel mengalir ke sel yang lain.

Adapun perkembangbiakan dengan cara tak kawin, dilakukan bakteri dengan cara membelah diri. Satu sel bakteri dapat membelah menjadi dua, kemudian menjadi empat, delapan, enam belas dan seterusnya.

Alga Biru (Cyanobacteria)


Alga biru merupakan salah satu dari banyak jenis alga yang hidup di alam ini. Semua alga pada umumnya dimasukkan dalam kingdom protista kecuali alga biru. Alga biru dimasukkan kedalam kingdom monera karena bersifat prokariot.

Organisme yang memiliki nama latin Cyanobacteria ini sering disebut juga dengan alga hijau-biru. Hal ini karena sebenarnya alga biru tidak murni berwarna biru sebagimana namanya. Alga biru berwarna asli hijau kebiru-biruan. 

Alga biru tergolong orgsnisme autotrof karena memiliki klorofil dan dapat melakukan proses fotosintesis untuk mendapatkan zat organik sebagai makanannya.

Bagaimana Cara Alga Biru Berkembang Biak ?

Alga biru ada yang ber sel satu dan ada pula yang berbentuk seperti benang yang merupakan untaian sel-sel. Alga yang memiliki satu sel berkembang biak dengan cara membelah diri. Sedangkan alga yang terdiri dari untaian beberapa sel akan berkembang biak dengan cara fragmentasi. Yaitu dengan cara memutuskan diri menjadi beberapa fragmen yang nantinya setiap fragmen akan menjadi individu baru.

Demikian pengertian dan contoh kingdom monera. Pada intinya makhluk hidup yang dapat digolongkan ke dalam jenis ini adalah makhluk hidup yang tidak memiliki memberan inti. Sampai sekarang para ilmuan baru menemukan bakteri dan alga biru sebagai dua organisme anggota kingdom monera. Suatu saat nanti bisa saja akan ditemukan lagi organisme lain yang memiliki kriteria yang sama dengan bakteri dan alga biru.

0 Response to "Contoh Klasifikasi Kingdom Monera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel