Pengertian Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier

Pengertian Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier | Pernah mendengar istilah kebutuhan primer, kebutuhan sekunder atau kebutuhan tersier ? Nah itu semua merupakan bentuk-bentuk kebutuhan manusia apabila ditinjau dari intensitas genuaannya. Dalam ilmu ekonomi, kebutuhan manusia juga dibagi kedalam beberapa jenis lainnya antara lain; menurut waktu pemenuhannya, menurut sifat kebutuhannya dan menurut  subjek sebagai pihak yang melakukan usaha pemenuhan kebutuhan. 

Kebutuhan manusia sebenarnya sangatlah banyak bahkan tidak terbatas. Selama manusia hidup, selalu saja ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Satu kebutuhan tertutupi, timbul lagi kebutuhan-kebutuhan lain yang juga perlu dipenuhi dan begitu seterusnya. 

Adapun para pakar ekonomi berusaha menjawab "mengapa kebutuhan manusia tidak terbatas?". Maka sebagian mereka menyimpulkan bahwa ketidak terbatasan ini sebagai dampak dari beberapa hal seperti:

  • 1. Tabiat alami manusia
  • 2. Tingkat pendapatan
  • 3. Lingkungan Alam
  • 4. Lingkungan sosial
  • 5. Kemajuan teknologi informasi
  • 6. Agama dan kepercayaan
  • 7. Akulturasi budaya
  • 8. Perdagangan internasional

Pengertian Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier: 

Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya

1. Kebutuhan Primer (utama)

staple food
Sandang, pangan dan papan merupakan kebutuhan primer manusia

Merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Kebutuhan jenis ini merupakan kebutuhan minimum yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat, baik masyarakat miskin, menengah ataupun kaya.

Kebutuhan ini memiliki ciri jika tidak dipenuhi maka akan mengganggu keberlangsungan hidup manusia.

Contoh kebutuhan primer antara lain kecukupan pangan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana pendukung lainnya seperti transportasi, persediaan air minum, rasa aman, dan sebagainya.

2. Kebutuhan Sekunder (pelengkap)

kebutuhan sekunder
TV merupakn salah satu contoh kebutuhan sekunder

Sebagaimana namanya kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan kedua yang harus dipenuhi manusia. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pelengkap yang melengkapi kebutuhan primer. Sehingga dalam proses pemenuhannya, kebutuhan jenis ini hanya akan diusahakan setelah tercapainya kebutuhan primer.

Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang cukup penting, namun jika tidak terpenuhi tidak mengancam keberlangsungan hidup manusia.
Contoh kebutuhan sekunder antara lain kulkas, sepeda motor, televisi, handphon dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan Tersier (mewah)

kebutuhan tersier
Mobil Lamborgini merupakan barang mewah yg tergolong kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan mewah yang diusahakan setelah tercapainya kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan tersier hanya diusahakan oleh orang-orang tertentu (kaya) dengan motif mengangkat status sosialnya di masyarakat.
 Contoh kebutuhan tersier antara lain rumah mewah, mobil mewah, perhiasan berlian dan lain-lain.

Nah itu tadi pengertian kebutuhan kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Dan perlu diingat bahwa kebutuhan manusia di dunia sangat tidak terbatas. Namun sebagai makhluk yang Alloh ciptakan dengan akal pikiran yang sehat seyogyanya manusia dapat mencapainya dengan bijak.

0 Response to "Pengertian Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel