Pengertian Sumber Daya Alam (SDA) dan Macam-macamnya

Pengertian sumber daya adalah sebuah nilai potensi yang dikandung oleh suatu unsur atau materi tertentu dalam kehidupan. Baik sumber daya yang bersifat fisik ataupun non-fisik (intangible). Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada juga sumber daya yang  tergolong tetap.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus dapat semaksimal mungkin memanfaatkan sumber daya apapun yang ada di sekelilingnya. Namun hal ini tentunya harus memperhatikan juga keseimbangan yang ada di alam semesta. Dalam artian tidak berperilaku rakus yang justru akan merusak.

Secara garis besar, macam sumber daya yang bisa kita manfaatkan antara lain adalah sumber daya alam dan sumber daya manusia. Nah mari simak baik-baik penjelasannya di bawah ini:

Sumber Daya Alam

a. Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan segala potensi yang ada di alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan produk berupa barang dan jasa. Sumber daya ini sering disingkat dengan istilah SDA.

b. Sumber Daya Alam Menurut Jenisnya

Menurut jenisnya, sumber daya alam dapat kita golongkan dalam biotik dan abiotik.
  • Sumber daya alam biotik/ hayati adalah sumber daya alam yang hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan atau mikro organisme.
  • Sumber daya alam abiotik/ non hayati adalah sumber daya alam yang mati berupa tanah, gas, minyak, batu mulia, logam dan lain sebagainya.

pengertian sumber daya alam
Barang tambang masuk dalam golongan SDA abiotik


B. Macam-macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat Pembaharuan :

Menurut sifat pembaharuannya, Sumber daya alam dibagi menjadi dua:
  •  SDA dapat diperbaharui /renewable,yaitu jenis sumber daya alam yang dapat terus dilestarikan sehingga dapat digunakan berkali-kali. Namun bukan berarti kita dapat mengeksploitasi sumber daya alam jenis ini dengan se. Karena pada kenyataan ada sumber daya alam yang dapat dilestarikan dengan cara mudah dan dalam tempo yang singkat namun ada pula yang memerlukan cara yang relatif sulit dan memerlukan waktu yang sangat panjang. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain : tumbuhan, hewan, hasil hutan, dan lain-lain
  •  SDA tidak dapat diperbaharui /non renewable , merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dilestarikan ataupun didaur ulang. Sumber daya jenis ini suatu saat akan habis jika digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu sebagai manusia kita harus benar-benar menghemat sumber daya jenis ini. Cntoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain: logam, batu mulia, minyak bumi, batu bara, gas alam, dan lain-lain.
  • Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya / unlimited, yang termasuk sumber daya alam jenis ini antara lain : sinar matahari, arus air laut, udara, dan lain lain.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Kegunaan (Ekonomis)

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Kegunaan (Ekonomis)
  • Sumber daya alam ekonomis tinggi, yaaitu sumber daya alam yang harus diperoleh dengan biaya serta pengorbanan yang tinggi. Sehingga daya jualnyapun otomatis akan tinggi pula. Contohnya adalah batu mulia, logam, minyak bumi, gas dan lain sebagainya.
  • Sumber daya alam ekonomis rendah, merupakan sumber daya alam yang dapat kita peroleh dengan harga yang tidak begitu mahal. Contohnya adalah  batu bangunan, pasir, tanah, dan lain-lain
  • Sumber daya alam non ekonomis, merupakan sumber daya alam yang dapat kita peroleh gratis atau tidak memerlukan biaya. Contohnya adalah  udara, air, sinar matahari, dan lain-lain.

    Sumber Daya Alam Berdasarkan Kegunaan

    • Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku, merupakan sumber daya alam yang  digunakan untuk menghasilkan produk berupa benda atau barang jadi denga nilai guna yang lebih tinggi. Contohnya adalah kayu yang dapat diolah menjadi berbagai barang purnitur yang indah dan memiliki nilai ekonomis tinggi.
    • Sumber Daya Alam Penghasil Energi, adalah sumber daya alam yang melahirkan energi untuk kemaslahatan manusia. Contohnya adalah arus sungai yang dimanfaatkan untuk menggerakan turbin untuk menghasilkan energi listrik.

      Nilai-nilai Sumber Daya Alam

      1.  Nilai Ekologis
      2.  Nilai Komersial
      3.  Nilai Sosial dan Budaya; 
      4.  Nilai Rekreasi
      5.  Nilai Penelitian dan Pendidikan
                Demikian penjelasan tentang pengertian Sumber Dya Alam (SDA) beserta macam-macamnya.

                0 Response to "Pengertian Sumber Daya Alam (SDA) dan Macam-macamnya"

                Post a Comment

                Iklan Atas Artikel

                Iklan Tengah Artikel 1

                Iklan Tengah Artikel 2

                Iklan Bawah Artikel