Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya

Kebutuhan manusia sangatlah banyak sekali. Bahkan jika kita mencoba untuk memenuhinya dalam satu saat, tentunya kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak akan pernah dapat terpenuhi semua. Oleh karena itu seseorang harus tahu bahwa tidak semua kebutuhan harus dipenuhi sekarang secara bersamaan. Kita perlu membuat prioritas kebutuhan mana saja yang harus dipenuhi dalam waktu dekat dan mana kebutuhan yang masih dapat ditunda. Menurut waktu pemenuhannya, kebutuhan manusia dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu:

1) Kebutuhan Sekarang



Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang mau tidak mau harus segera dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda-tunda lagi. Dengan tujuan agar manusia tidak mendapat kesulitan tatkala kebutuhan tersebut belum terpenuhi. Contoh kebutuhan yang jenis ini antara lain obat bagi orang sakit, air minum bagiorang yang sedang dilanda dahaga, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya.


2) Kebutuhan akan Datang



Kebutuhan akan datang ialah kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan atau diundurkan pada hari esok. Ciri kebutuhan jenis ini antara lain jika kebutuhan ini belum dapat terpenuhi, tidak akan  akan menimbulkan akibat yang fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Misalnya, tabungan. Tatkala kita menabung,  berarti kita sedang memenuhi kebutuhan yang akan datang.


3) Kebutuhan yang Tidak Terduga



Kebutuhan ini muncul akibat adanya sesuatu yang terjadi secara tidak terduga atau bersifat insidentil. Misalnya, orang yang tiba-tiba terserang suatu penyakit dan memerlukan perawatan dokter dan obat-obatan. Kebutuhan orang sakit terhadap dokter dalam kasus ini, merupakan kebutuhan yang mendadak dan tidak terduga sebelumnya.

4)Kebutuhan Sepanjang Waktu



Kebutuhan yang satu ini merupakan kebutuhan yang berlangsung sepanjang waktu dan tidak ada batasannya. Misalnya, belajar atau menuntut ilmu.

Rangkuman:
Kebutuhan menurut pemenuhannya dapat kita golongkan menjadi empat kategori, yaitu kebutuhan sekarang, kebutuhan akan datang, kebutuhan tak terduga dan kebutuhan sepanjang waktu.

Demikian beberapa jenis kebutuhan menurut waktu pemenuhannya. Baca juga artikel sebelumnya tentang

0 Response to "Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel