Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Sebelum lebih jauh belajar tentang ekonomi, alangkah baiknya jika anda fahami terlebih dulu pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli. Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata oikos dan nomos. Oikos bermakna keluarga atau rumah tangga dan nomos berarti hukum atau aturan. Sehingga dapat kita fahami secara harfiah bahwa ilmu ekonomi adalah aturan rumah tangga atau management rumah tangga. Yang lebih detailnya dapat kita devinisikan sebagai salah satu disiplin ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berkaitan  dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Seseoran yang dikatakan sebagai teladan ilmu ekonomi adalah dinamakan dengan ahli ekonomi atau ekonom. Ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.

Selain pengertian di atas, para ahli juga telah memberikan pengertian-pengertian lain yang cukup beragam. Pengertian-pengertian tersebut tentunya akan menambah pemahamanmu tentang apa itu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli
Peta Konsep Ekonomi


  1. Ekonomi menurut Adam Smith : Pengertian ekonomi menurut Adam Smith adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
  2. Ekonomi menurut Abraham Maslow : Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.  
  3. Ekonomi menurut Mill J.S : Menurut Mil J.S, pengertian ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan. 
  4. Ekonomi menurut Hermawan Kartajaya : Pengertian ekonomi menurut pendapat Hermawan Kartajayat adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya. 
  5. Ekonomi menurut Paul A. Samuelson : Menurut Paul. A. Samuelson, pengertian ekonomi adalah cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 
  6. Ekonomi menurut M. Manulang : Menurutnya, pengertian ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran, yaitu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya dari segi pemenuhan barang maupun jasa.

Hukum Ekonomi

Hukum ekonomi menunjukkan hubungan antara peristiwa ekonomi dimana peristiwa tersebut harus dilihat hubungannya satu sama lain, apakah suatu peristiwa sebagai akibat dari peristiwa lainnya atau di antara peristiwa itu terdapat hubungan yang saling mem-pengaruhi. Di dalam ilmu ekonomi terdapat dua macam hubungan dan peristiwa ekonomi, yaitu:

a. Hubungan Fungsional
Hubungan fungsional adalah hubungan antara peristiwa yang satu dengan yang lainnya saling berpengaruh, misalnya hukum penawaran dan permintaan berikut ini.
  • jika penawaran bertambah dan permintaan berkurang, maka harga turun; dan
  • jika permintaan bertambah dan penawaran bertambah, maka harga naik.

b. Hubungan Sebab-Akibat
Hubungan ini menyatakan bahwa adanya kejadian atau peristiwa  yang merupakan salah satu sebab adanya peristiwa lain yang timbul karena merupakan akibat. Misalnya, karena harga BBM (Bahan Bakar Minyak) naik, maka harga semua kebutuhan pokok dengan sendirinya menjadi naik.

Demikian pengertian ekonomi menurut para ahli.

0 Response to "Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel