Jenis-jenis Laporan Penelitian

Setiap laporan penelitian dibuat pasti memiliki tujuan tertentu.
Dilihat berdasarkan tujuan pembuatannya, laporan terbagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah laporan lengkap atau sering disebut monograf, laporan ilmiah, laporan ringkas, serta laporan yang dibuat untuk administrator dan pembuat keputusan. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing laporan tersebut.
Jenis-jenis Laporan Penelitian

Laporan Lengkap
Laporan lengkap (monograf) adalah laporan yang berisi proses penelitian secara menyeluruh, dengan mengutarakan semua teknik dan pengalaman peneliti dalam melaksanakan kegiatan penelitian.
Tujuan laporan ini adalah untuk menyampaikan penemuan penelitian dengan komunikasi yang cukup terperinci. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat ilmiah yang membaca laporan ini dapat memberikan makna kepada data, menentukan validitas, serta menghayati pentingnya kesimpulan yang ditarik dari penelitian tersebut.

Teknik penulisan yang digunakan dalam laporan lengkap harus disesuaikan dengan terget yang akan dituju. Sebaiknya, dalam laporan lengkap dijelaskan pula semua hal yang sebenarnya terjadi dalam setiap tingkatan analisis selama proses penelitian. Penemuan yang tidak berhubungan dengan tujuan penelitian pun sebaiknya dilaporkan pula. Dalam laporan lengkap juga disertakan kegagalan-kegagalan yang dialami, disamping keberhasilan yang diperoleh.  Oleh sebab itu, laporan lengkap harus ditulis dalam bab-bab dan sub-sub bagian dengan judul yang padat.

Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah adalah laporan yang berisi intisari dari laporan lengkap. Penulisannya harus dilakukan lebih padat dan disesuaikan dengan jumlah halaman yang disediakan dalam jurnal-jurnal ilmiah. Laporan jenis ini hanya membuat salah satu aspek dari laporan lengkap. Artikel ilmiah harus difokuskan pada masalah penelitian tunggal yang objektif sehingga lampiran, kata pengantar, dan daftar isi tidak dimasukkan dalam laporan yang padat.

Laporan Ringkas
Laporan ringkas (summary report) adalah laporan yang ditulis ulang dari artikel yang sudah diterbitkan dengan menggunakan bentuk dan gaya penulisan yang sederhana, sehingga dapat dipahami oleh masyarakat luas. Tulisan ini hanya menampilkan penemuan-penemuan utama saja dan tidak menampilkan desain, metode, serta analisis statistik yang digunakan dalam proses penelitian. Keterangan, kesimpulan, dan implikasi dari suatu hasil penelitian, disampaikan dalam bahasa masyarakat sehari-hari yang sangat sederhana.

Laporan Untuk Administrator dan Pembuat Keputusan
Laporan penelitian ini deberikan kepada pemerintah, terutama berhubungan dengan penelitian tindakan. Penelitian ini ingin memecahkan masalah-masalah yang sangat menarik perhatian pembuat kebijakan atau administrator, berdasarkan tujuan penelitian yang telah mereka gariskan. Penelitian ini juga memberikan penjelasan dan evaluasi terhadap program-program yang sedang berjalan. Oleh sebab itu, laporan tidak perlu disertai dengan tabel-tabel statistik yang rumit, tetapi lebih bantak menggunakan penggambaran yang sederhana.

0 Response to "Jenis-jenis Laporan Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel