Masalah Ekonomi, Contoh dan Cara Mengetasi Masalah Ekonomi

Dalam artikel ini kita akan berbicara tentang masalah-masalah ekonomi yang timbul di suatu masyarakat serta cara apa saja yang mungkin ditempuh untuk mengatasinya.

Namun terlebih dahulu kita harus memahami pengertian masalah. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

Misal, anda mengharapkan untuk mendapatkan penghasilan 1 juta rupiah perbulan. Lalu segala upaya dan faktor-faktor penunjangnya sudah anda coba tempuh. Namun pada kenyataannya, di akhir bulan anda mendapatkan penghasilan hanya 900 ribu rupiah. Nah, inilah yang kita sebut dengan masalah.



Misal lainnya adalah ketika anda menghadapi ujian. Setiap mata pelajaran tentunya memiliki KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang perlu di capai oleh siswa. Katakanlah misalnya 60. Maka ketika anda mendapatkan nilai ujian di bawah 60 berarti anda bermasalah dalam pelajaran tersebut.
Maka, guru mata pelajaran akan mengambil perannya sebagai konselor dan memberikan anda konseling berupa remidial atau penugasan untuk menutupi kekurangan pada nilai anda.

Lalu apa yang disebut dengan permasalahan ekonomi ?

Dari pengertian masalah di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa masalah ekonomi adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan pada ranah ekonomi. Lebih spesifik lagi adalah kesenjangan antara kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dengan kenyataan akan jumlah barang pemuas kebutuhan yang terbatas.

Baik keterbatasan pada jumlahnya, ataupun keterbatasan pada kemampuan untuk mengadakannya.

 Contoh Masalah Ekonomi dan Cara Mengatasinya

Masalah ekonomi seperti ini pastiya banyak sekali kita temukan di sekitar kita. Bahkan kita sendiri sebagai manusia tidak akan pernah luput dari masalah ekonomi. 

Namun tahukah anda, bahwa ada beberapa permasalahan ekonomi yang sangat umum kita dapatkan secara luas, diantaranya adalah:

1. Kemiskinan
2. Keterbelakangan
3. Pengangguran dan Sempitnya Kesempatan Kerja
4. Kekurangan Modal
5. Krisis Nilai Tukar
6. Kelangkaan Barang, dll.

Permasalahan-permasalahan ekonomi di atas merupakan PR yang harus hadapi oleh setiap individu secara micro ataupun pemerintah secara luas. Manusia dituntut untuk mencari trobosan dan alternatif-alternatif untuk menekan masalah-masalah yang ada.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Masalah Ekonomi, Contoh dan Cara Mengetasi Masalah Ekonomi.



0 Response to "Masalah Ekonomi, Contoh dan Cara Mengetasi Masalah Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel