Loading...

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis; Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu sistem Ekonomi Kapitalis ? Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang menghendaki adanya kebebasan tiap individu untuk melakukan segala kegiatan ekonomi tanpa ada campur tangan pemerintah.

Dalam sistem ini, sitiap individu memiliki hak mutlak untuk mengelola aset yang ia miliki untuk mendapatkan manfaat/keuntungan sebesar-besarnya.

Sistem ini juga memungkinkan setiap orang untuk memelih pekerjaan atau usaha sesuai dengan kehendaknya. Pemerintah tidak memiki hak untuk melakukan intervensi, sehingga setiap individu bebas berkreativitas dan berinovasi.

Sistem ini merupakan kebalikan dari sistem sosialis atau komando.

Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis


Sejarah Kemunculan Sistem Kapitalis

Kapitalis muncul di Eropa pada abad ke 16 hingga 19, berbarengan dengan mulai tumbuhnya perbankan komersial Eropa.

Dasar pemikiran sistem ini dicetuskan oleh seorang tokoh Eropa Adam Smith. Dia beranggapan bahwa kemakmuran bangsa akan semakin mudah tercapai dengan adanya kebebasan berusaha bagi setiap individu. Gagasan ini dapat kita temukan dalam bukunya yang ia beri judul The Wealth of Nations.

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Kapitalis

  1. Masyarakat bebas menentukan barang apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksi, bagaimana menjualnya dan berapa harga jualnya.
  2. Setiap individu memiliki kebebasan mencari pekerjaan
  3. Adanya kebebasan bagi masyarakat dalam menggunakan sumber daya ekonomi
  4. Semua kegiatan produksi di lakukan dengan tujuan mendapatkan laba, sehingga mendorong kegiatan ekonomi dengan prinsip laba

Kelebihan Sistem Ekonomi Kapitalis

  1. Setiap orang memiliki kebebasan memiliki aset dan sumber daya produksi
  2. Mendorong inisiatif dan inovasi masyarakat dalam bidang ekonomi
  3. Munjulnya persaingan yang membuat setiap produsen terpacu untuk menghasilkan prodak
  4. Dianggap efisien dan evektif karena semua tindakan didasari atas asas keuntungan

Kelemahan Sistem Ekonomi Kapitalis

  1. Banyak penggunaan tenaga kerja di bawah umur dengan upah yang rendah, karena tujuannya untuk mencari keuntungan yang tinggi dengan menekan biaya produksi serendah-rendahnya.
  2. Banyak dilakukan perdagangan yang curang, karena tujuannya mencari laba yang tinggi dan menghadapi para pesaing bisnis agar dapat terus menguasai monopoli pasar
  3. Semakin lebar jurang antara si kaya dan si miskin

Dewasa ini tidak ada satu negarapun yang menerapkan sistem ekonomi kapitas secara utuh. Bahkan negara Amerika Serikat yang mendeklarasikan bahwa negaranya menganut faham ekonomi inipun pada kenyataannya masih belum dapat menerapkan sistem ini apa adanya. Masih banyak ditemui pemerintah ikut campur dalam menentukan kebijakan-kebijakan ekonomi yang dilakukan di daerah kekuasaannya.

0 Response to "Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis; Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...