Pengertian Nilai dan Nilai Sosial menurut Para Ahli beserta Ciri-cirinya

Apa yang anda ketahui tentang nilai dan nilai sosial ? Secara umum, nilai adalah sesuatu yang dipandang baik atau buruk bagi kehidupan. Nilai merupakan sesuatu yang bersifat abstrak namun menjadi pedoman atau tuntunan bagi masyarakat. Contohnya orang menganggap tindakan menolong sebagai sesuatu yang bernilai baik dan mencuri dianggap bernilai buruk.

Adapun nilai sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat kepada segala sesuatu yang terbukti memiliki daya guna fungsional bagi kehidupan bersama. Hal tersebut tentunya sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dianut masyarakat. Akibatnya, antara masyarakat yang satu dan yang lain terdapat perbedaan tata nilai.
Pengertian Nilai dan Nilai Sosial menurut Para Ahli beserta Ciri-cirinya


Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

1.Nilai Sosial menurut Green
Menurutnya, nilai sosial sebagai kesadaran yang berlangsung secara relatif dan disertai emosi terhadap objek, ide, dan orang perorangan.

2.Nilai Sosial menurut Young 
Nilai sosial adalah asumsi-asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang benar dan apa yang penting.

3.Nilai Sosial menurut Woods
Nilai sosial adalah petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

4.Nilai Sosial menurutRobert M. Z. Lawang
Nilai adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan, pantas, berharga dan memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu.

5.Nilai Sosial menurut Kluckhohn
Semua nilai kebudayaan pada dasarnya mencakup: nilai mengenai hakikat hidup manusia, nilai mengenai hakikat karya manusia, nilai mengenai hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, nilai mengenai hakikat hubungan manusia dengan alam, nilai mengenai hakikat hubungan manusia dengan sesamanya.

6. Nilai menurut Walter G. Everett
Menurutnya nilai sosial dibagi menjadi lima macam yaitu; nilai-nilai ekonomi (economic values), Nilai-nilai rekreasi (recreation values), Nilai-nilai perserikatan (association values), Nilai-nilai kejasmanian (body values), Nilai-nilai watak (character values).

7. Nilai menurut Prof. Dr. Notonegoro
Menurutnya nilai terbagi menjadi tiga macam yaitu; nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian.

Ciri-ciri Nilai Sosial

Segala sesuatu di dunia ini memiliki ciri ataupun karakteristik masing-masing. Di mana melalui ciri atau karekteristik itulah sesuatu dapak kita identifikasi. Begitu pula halnya dengan nilai sosial. Tidak semua hal atau sesuatu yang baik dapat kita anggap sebagai nilai sosial. Oleh karena itu kita perlu memahami beberapa ciri nilai sosial sebagaimana dikutip (Abdulsyani; 2002) berikut ini.

  1. Nilai merupakan hasil interaksi antaranggota masyarakat. Nilai tercipta secara sosial bukan secara biologis atau bawaan sejak lahir.
  2. Nilai sosial ditularkan di antara anggota-anggota masyarakat melalui pergaulan.
  3. Nilai terbentuk melalui proses belajar yang panjang melalui sosialisasi.
  4. Nilai sebagai alat pemuas kebutuhan sosial. Artinya, nilai berfungsi sebagai sarana untuk mencapai cita-cita bersama.
  5. Nilai berbeda-beda antara kebudayaan yang satu dengan yang lain. Masing-masing nilai dapat mempunyai efek yang berbeda terhadap orang perorangan dan masyarakat secara keseluruhan.
  6. Nilai dapat memengaruhi perkembangan pribadi dalam masyarakat baik positif maupun negatif.
  7. Nilai merupakan hasil seleksi dari berbagai macam aspek kehidupan di dalam masyarakat.

/Pengertian Nilai dan Nilai Sosial menurut Para Ahli beserta Ciri-cirinya

0 Response to "Pengertian Nilai dan Nilai Sosial menurut Para Ahli beserta Ciri-cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel