Macam Macam Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Oraganel organel pada tumbuhan sangatlah berperan dalam setiap kinerja dalam tanaman atau tumbuhan. Hal tersebut karena organel sendiri merupakan penyusunan tubuh dalam tumbuhan yang berkaitan erat dengan proses pertumbuhan tumbuhan dan juga berkaitan dengan reproduksi tumbuhan. 

Lalu apa saja macam macam organel sel tumbuhan dan Fungsinya? Berikut ini ulasannya. 
Macam Macam Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya

1. Nukleus atau Inti Sel Tumbuhan 

Nukleus merupakan organel sel yang meeupak inti sel pada tumbuhan, nukleus sendiri berada didalam sel eukariotik. Hal ini karena tumbuhan termasuj kedalam kelompok sel eukariotik. Didalam nukleus terdapat materi genetik berupa DNA, sedangkan didalam DNA terdapat informasi genetik berupa polinukleotida. 

Nukleus tersusun oleh membran nukleus, Nukleolus, nukleoplasma dan juga kromosom. 

Sedangkan untuk fungsi dari nukleus atau inti sel ini ialah untuk mengontrol setiap aktivitas sel berdasar informasi genetik yang dibawa oleh DNA.

2. Membran Nukleus 

Membran nukleus terdiri dari dua selaput, yakni selaput luar yang terhubung langsung dengan sitoplasma dan juga selaput dalam. Bukan hanya itu, membran nukleus juga memiliki pori-pori sehingga memungkinkan terjadinya interaksi antara nukleoplasma yaitu berupa cairan di dalam nukleus dan sitoplasma. 

Fungsi dari membran nukleus sendiri adalah sebagai penghubung antara nukleus denga nukleoplasma. Dengan adanya pori-pori pada membran nukleus memungkinkan molekul RNA pada nukleoplasma dapat keluar ke sitoplasma. 

3.Nukleoplasma 

nukleoplasma berupa cairan yang mengisi bagian pada nukleus. Cairan ini tersusun dari protein, asam nukleat, garam dan juga mineral. Asam nukleat atau DNA dan RNA merupakan materi yang membawa sifat genetik dan apabila tergabung dengan protein maka materi ini menjadi nukleoprotein. 

Fungsi dari nukleoplasma ialah sebagai suspensi bagi organel sel pada nukleus. Fungsi lainnya ialah sebagai media transportasi zat-zat lain yang dibutuhkan oleh nukleus. 

4. Kromatin dam Kromosom 

Kromatin berbentuk seperti butiran butiran yang tersebar pada nukleus, apabila Kromatin mengalami proses pembelahan, maka Kromatin tidak akan terlihat dan justru hanya terlihat seperti benang benang Kromosom. Maka kromosom ditujukan pada Kromatin yang mengalami pembelahan dan membentuk menjadi sepet benang benang halus. 

Kromatin bertugas sebagai pembawa informasi genetik yang berperan mengendalikan seluruh aktivitas pada sel. 

5. Nukleolus 

Nukleolus bertempat pada nukleus dengan ukuran yang lebih besar dibanding dengan Kromatin. Nukleolus sendiri terdiri dari benang benang halus DNA. 

Fungsi dari Nukleolus ialah sebagai tempat berlangsungnya RNA. 

6. Sitoplasma 

merupakan sebuah cairan seperti gel yang mengisi rongga rongga pada sel. Sitoplasma merupakam organel yang tidak berwarna alias bening dan mengandung 80% air didalamnya, selain itu sitoplasma juga mengandung zat yaram didalamnya sehingga sangat baik dalam menghantarkan arus listrik. 

Fungsi dari sitoplasma ialah menyalurkan dan melarutkan zat zat makanan yang dibutuhkan oleh sel. Sitoplasma juga membantu kloroplas untuk berpindah ketempat yang terkena sinar matahari agar dapat berfotosintesis dengan baik. 

7. Mitokondria 

Mitokondria merupakan organel sel yabg berbentuk seperti sosis yaitu bulat dan juga lonjong. Mitokondria memiliki dua bagian yakni membran dalam yang memiliki bagian bagian yang berbentuk seperti labirin dan disebut dengan krista, sedangkan bagian yang lain yakni membran luar. 

Fungsi dari Mitokondria ialah untuk menghasilkan energi. 

8. Aparatus Golgi dan Diktiosom

Aparatus Golgi memiliki bentuk kantung tipis yang berususun secara lapis lapis. Fungsi dari Aparatus Golgi sendiri ialah sebagai alat sekresi pada sel. Bukan hanya itu, Aparatus Golgi juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat protein dan zat zat lainnya yang berasal dari Rektikulum Endoplasma. 

Demikian pembahasan tentang Macam Macam Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam Macam Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel