Pengertian Membran Sel, Struktur, Sifat dan Fungsinya

Pengertian Membran Sel

Membran sel atau bisa disebut sel dinding yang sesuai dengan namanya merupakan lapisan pemisah antara lingkungan didalam sel dengan lingkungan diluar sel. Membran sel sendiri merupakan sebuah fitur universal yang dimiliki oleh semua jenis sel. 

Membran sel memiliki susunan berupa senyawa, lipoprotein yaitu sebuah senyawa yang merupakan gabungan dari lipid atau lemak dan juga protein. Membran sel memiliki sifat selektif permeable yang membuat membran sel dapat membatasi kegiatan yang terjadi didalam membran sel sehingga tidak terpengaruh dengan lingkungan luar, hal ini karena membran sel hanya dapat dilewati oleh molekul molekul tertentu saja. 

Pengertian Membran Sel, Struktur, Sifat dan Fungsinya

Struktur Membran Sel

Membran sel memiliki struktur yang dinamis, hal ini karena membran sel memiliki struktur seperti air yang memudahkan lipid dan juga protein untuk bergerak. Selain itu membran sel juga memiliki sifat asimetris, hal ini karena komposisi lipid dan juga protein dibagian dalam tidak sama dengan komposisi lipid dan protein dibagian luar. Berikut ini struktur dari membran sel. 


1. Fosfolipid
Molekul molekul pada membran sel membentuk Fosfolipid rangkap atau ganda dengan sifat yang saling bertolak belakang. Jika pada daerah kepala bersifat hidrofilik atau dapat berinteraksi dengan air, maka pada bagian ekor bersifat hidrofobik atau tidak dapat berinteraksi dengan air. 

2. Protein Membran
Pada lapisan Fosfolipid, terdapat dua jenia protein didalamnya yaitu protein integral atau protein yang terbenam dan dapat menembus lapisam Fosfolipid dam berperan dalam proses transfer keluar masuk molekul pada sel dan juga protein perifer yaitu protein yang menempel pada lapisan Fosfolipid yang berperan sebagai tempat menempelnya hormon atau enzim. 

3. Glikolipid dan Glikoprotein
Glikolipid merupakan molekul karbohidrat yang menempel pada lemak, sedangkan Glikoprotein merupakan molekul karbohidrat yang menempel pada protein. Keduanya memiliki fungsi sebagai tanda pengenal bagi sel. Susunan Glikolipid dan Glikoprotein berbeda-beda pada setiap sel dan setiap orang. 

4. Kerangka Membran 
Struktur atau bagian dari kerangka membran tidak berhubungan langsung dengan membran sel, akan tetapi berikan langsung dengan protein integral. Terdapat tiga jenis kerangka membran utama, yaitu mikrofilamen, filamen dan juga intermedit.

5. Kolesterol 
Kolesterol memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan Fosfolipid dalam keadaan apapun. Seperti ketik dalam keadaan panas, maka kolesterol akan menghambat pergerakannya supaya Fosfolipid tidak menjadi terlalu cair. Sedangkan dalam keadaan dingin Fosfolipid akan menghambat interaksi antar lemak sehingga membran lemak tidak akan membeku.

Sifat Membran Sel 

Sifat Membran Sel terbagi menjadi 3 jenia berdasarkan kemampuannya dalam mengatasi transportasi. 

1. Permeable 
Sifat ini biasanya dimiliki oleh membran sel yang telah rusak atau hampir mati, hal ini dikarenakan semua zat dapat dengan mudah masuk kedalam sel. 

2. Semipermeable
Untuk membran sel normal, maka biasanya memiliki sifat ini. Hal ini dikarenakan tidak semua zat dapat masuk kedalam sel, melainkan hanya zat zat yang diperlukan saja yang dapat masuk kedalam sel. 

3. Impermeable
Ini merupakan sifat membran sel dimana tidak adanya satupun zat yang dapat masuk kedalam sel.

Fungsi Membran Sel 

Adapun fungsi dari membran sel ialah.

  1. Melindungi bagian dari sel
  2. Melakukan seleksi terhadap semua zata yang ingin masuk maupun keluar dari sel
  3. Membran sel merupakan tempat berlangsungnya berbagai reaksi kimia
  4. Media komunikasi dari antar lingkungan didalam sel dengan lingkungan diluar sel
  5. Membran sel juga berfungsi sebagai reseptor terhadap rangsangan yang ditujukan kepada sel

 Demikian artikel mengenai pengertian memberan sel, struktur, sifat serta fungsinya.

0 Response to "Pengertian Membran Sel, Struktur, Sifat dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel