Skip to main content

follow us

Tips Praktis Agar Tidak Mudah Sakit

Pasti tidak ada orang ingin sakit, apalagi sampai sakit-sakitan. Sakit memang ada sisi positifnya, misalnya bisa istirahat tanpa dibebani pekerjaan. Namun sisi buruknya pasti lebih banyak, yakni menjadikan segala aktivitas menjadi terganggu apalagi ketika sakit yang diderita adalah penyakit serius yang dapat berakibat fatal. Untungnya, ada banyak cara untuk mencegah agar tubuh tak gampang sakit, misalnya dengan banyak makan buah dan sayuran, istirahat cukup, rajin olahraga dan sebagainya. Selengkapnya simak penjelasan di bawah ini:


Tips gaya hidup sehat agar tak gampang sakit:

1. Makan sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau kaya berbagai vitamin yang penting untuk memelihara kesehatan imun tubuh. Menurut studi yang dilakukan terhadap binatang tikus, konsumsi sayuran crunchy seperti sawi daging (bok choy), brokoli, kubis, kembang kol, dan lobak dapat mengirimkan sinyal kimia ke tubuh untuk mendongkrak protein di permukaan sel yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh.

2. Cukup vitamin D. Kekurangan vitamin D menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tulang, gangguan kardiovaskular, serta melemahnya sistem kekebalan tubuh. Hasil penelitian tahun 2012 yang dimuat jurnal Pediatrics menyebutkan semua anak harus diperiksa akan kecukupan asupan vitamin D. Terutama yang jarang tekena sinar matahari. Selain dari sinar matahari pagi (lebih baik di bawah pukul 9), sumber vitamin D lainnya antara lain kuning telur, jamur, salmon, tuna kaleng, serta organ hati sapi. Anda juga dapat memperoleh tambahan vitamin ini melalui suplemen. Pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol) karena ini merupakan jenis vitamin D terbaik. Selengkapnya: 10 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Terbaik


3. Aktif bergerak. Tips agar tak gampang sakit berikutnya adalah tetap aktif bergerak dalam keseharian. Jika profesi menuntut Anda untuk duduk seharian di kantor, maka imbangi itu dengan rutin berolahraga. Jangan mengakhiri hari dengan duduk lagi di depan TV. Sebab menurut studi yang dipublikasikan jurnal Neurologic Clinicians, olahraga rutin juga efektif untuk: Menjauhkan radang, inflamasi, dan penyakit kronis. Mengurangi stres. Mempercepat sirkulasi sel darah putih yang merupakan bagian sistem kekebalan tubuh.

4. Cukup tidur. Menurut hasil penelitian yang dimuat Archives of Internal Medicine, cukup tidur ternyata amat penting, khususnya bila tubuh sudah terinfeksi virus. Dalam studi tersebut, partisipan sehat yang tidur minimal 8 jam setiap malam selama 2 minggu berturut-turut dijumpai memiliki kekebalan tinggi terhadap virus. Sedangkan mereka yang tidur 7 jam atau kurang, berisiko sakit setelah terinfeksi virus. Salah satu alasannya adalah karena sitokin – jenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan cara meregulasi sistem imun – diproduksi selama tidur. Berbagai penyakit akibat kurang tidur dapat dipelajari di sini: 10 Akibat Kurang Tidur yang Merugikan Kesehatan

5. Tidak minum alkohol. Hasil penelitian baru-baru ini menunjukkan minum alkohol mampu merusak sel dendritik (komponen penting dari sistem kekebalan). Karenanya semakin banyak minum alkohol, kian besar pula risiko seseorang terkena infeksi bakteri dan virus. Studi yang dimuat dalam jurnal Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel dendritik dan respon imun tikus ‘peminum’ alkohol dengan tikus yang tidak minum. Hasilnya, alkohol ternyata mampu menekan kekebalan tubuh tikus peminum hingga level tertentu. Menurut dokter, inilah alasan kenapa vaksin biasanya kurang efektif kalau diberikan pada mereka yang mengonsumsi alkohol.


6. Jauhi stres. Selama bertahun-tahun, dokter menduga ada kaitan erat antara stres dengan penyakit secara fisik. Oleh sebab itu, hindari stres dan tetaplah tenang. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk meredakan stres. Jika beribadah, yoga atau meditasi dapat membantu, lakukanlah. Menariknya, kortisol (hormon stres) sebenarnya berfungsi membantu tubuh dalam mencegah radang dan penyakit. Tak seperti yang disangkakan banyak orang, hormon ini ternyata memiliki sisi positifnya juga. Namun bila hormon tersebut terus-menerus ada dalam tubuh, maka kortisol akan kehilangan kesaktiannya dalam menangkal penyakit. Alhasil, bukan hanya penyakit saja yang datang, namun sistem kekebalan tubuh juga ikut melemah. Berbagai tips mengatasi stress: Cara Ampuh Menghilangkan Stres Tanpa Membuat Kantong Kempes 18 Makanan Penghilang Stres yang Bikin Anda & Ngeces

7. Minum teh hijau. Tips agar tak gampang sakit berikutnya ternyata terletak dalam teh hijau. Selama berabad-abad, teh yang kaya antioksidan flavonoid ini memang digemari karena khasiat sehatnya bagi tubuh. Menurut kutipan hasil studi dari Journal of the American College of Nutrition, minum beberapa cangkir green tea setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Teh ini juga cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

8. Isi piring dengan ‘berwarna-warni’ makanan. Tips agar tak gampang sakit selanjutnya adalah isi piring dengan berwarna-warni makanan. Idealnya, semakin beragam warna makanan dalam piring, kian banyak pula jenis vitamin dan mineral yang diperoleh tubuh.


9. Bergaul. Ternyata lama sendiri alias kesepian dapat membuat sakit. Beberapa pakar kesehatan bahkan menganggap menyendiri merupakan salah satu faktor risiko penyakit kronis. Mengapa demikian?! Karena mengisolasi diri dari pergaulan dengan sesama bisa meningkatkan stres.


10. Vaksin flu. Pihak CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyarankan semua orang yang usianya di atas 6 bulan agar memperoleh vaksin flu rutin setiap tahunnya. Tentu saja ada pengecualian untuk orang tertentu seperti mereka yang alergi terhadap telur ayam. Memangnya apa hubungan vaksin flu dengan telur ayam? Ternyata telur ayam merupakan media yang digunakan untuk mengembangkan vaksin flu. Oleh sebab itu, pemberian vaksin dalam hal ini harus dilakukan secara hati-hati karena bila sampai timbul gejala alergi akut, itu bisa memicu biduran atau anaphylaxis (reaksi alergi yang dapat memicu kematian). Mereka yang mengalami reaksi keras setelah memperoleh vaksin flu di waktu lampau juga perlu berhati-hati sebab pada kasus yang jarang terjadi, vaksin flu bisa menyebabkan sindrom Guillain-Barre (penyakit autoimun yang menyerang saraf).

Tips Praktis Agar Tidak Mudah Sakit lainya diantaranya : 
11. Jaga kebersihan. Tips agar tak gampang sakit berikutnya yang tak boleh diabaikan adalah dengan menjaga kebersihan. Salah satunya adalah dengan meminimalisir kontak dengan kuman penyakit. Caranya: Mandi setiap hari Cuci tangan sebelum makan atau menyentuh makanan (termasuk sebelum memasak) Cuci tangan sebelum mengenakan lensa kontak atau ketika hendak melakukan apapun terhadap mata maupun bibir Tutupi mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin Cuci tangan minimal 20 detik, dan jangan lupa bersihkan bagian bawah kuku juga Bawa gel pembersih berbahan dasar alkohol dan bersihkan rutin ‘sarang kuman’ seperti keyboard, telepon/ HP, handle pintu, serta remote control


12. Jangan berbagi barang pribadi. Banyak penyakit menular di sekitar kita yang dapat menyebar melalui peralatan pribadi seperti gelas, sendok, piring, sikat gigi, handuk, dan lain-lain. Salah satunya penyakit flu. Percaya atau tidak, virus flu bisa bertahan hidup selama 24 jam. Ini artinya ada banyak waktu untuk virus tersebar ke orang lain. Maka dari itu tak heran bila 1 anggota keluarga terserang flu, lainnya biasanya ikut tertular. Nah untuk meminimalisir penyebaran virus, hindari berbagi sikat gigi, handuk, peralatan, hingga gelas minum. Selalu cuci benda yang kira-kira sudah terkontaminasi – misalnya mainan – dengan air panas dan sabun. Selengkapnya baca di sini: 12 Tips Mencegah Flu, Pilek, dan Batuk Paling Efektif

Demikianlah tadi beberapa tips agar tak gampang sakit yang dapat dipraktekkan setiap hari. Tak sulit bukan?! Semoga dengan menjaga tubuh kita agar tidak mudah sakit menjadikan segala urusan atau aktivitas kita menjadi tidak terganggu....

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar