Skip to main content

follow us

Perangkat Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA Kelas XII Kurikulum 2013

Perangkat K13 Sejarah Peminatan Kelas XII Revisi Lengkap - Selamat berjumpa kembali dengan kami Blog Cuntorio. kali ini kami akan membagikan RPP dan Silabus Sejarah peminatan Lengkap Kelas XII SMA.

RPP Sejarah Indonesia SMA MA XII  ini dapat anda download secara lengkap untuk melengkapi administrasi Perangkat Pembelajaran Guru 2018/2019. RPP merupakan perangkat administrasi wajib bagi guru sebelum mengajar, karena idealnya guru membuat sebuah perencanaan terlebih dahulu untuk diterapkan pada proses KBM.

RPP K13 Sejarah Indonesia XII SMA Edisi Revisi ini dapat juga anda terapkan langsung hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih bagus lagi jika ini hanya sekedar dijadikan referensi untuk anda membuat Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk RPP SMA kurikulum 2013 revisi 2017.

Tidak hanya RPP Sejarah Indonesia SMA kurikulum 2013 tetapi juga di blog ini nantinya saya membagikan beberapa administrasi Perangkat pembelajaran untuk RPP K13 MAPEL lainnya untuk itu kunjungi terus blog ini yaaa,untuk mendapatkan file penting lainnya.

Contoh RPP Singkat dari File ini :

A.KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.KOMPETENSI DASAR  (KD)
1.1Menghayati proses perjuangan mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkan rasa syukur terhadap rahmat dan karunia-Nya
2.1Menunjukkan sikap empati terhadap para pejuang dan mengamalkan nilai-nilai kejuangan para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.
2.2Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran sejarah.
2.3Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerja sama dan proaktif  yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam berpartisipasi menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
3.1Mengevaluasi perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
3.2Mengevaluasi sejarah organisasi global dan regional  diantaranya : GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.3Mengevaluasi   sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global.
4.1Membuat kliping tentang perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global.
4.2Membuat kliping tentang sejarah organisasi global dan regional diantaranya : GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA.
4.3Merekonstruksi salah satu peristiwa sejarah kontemporer dunia seperti runtuhnya Pakta Warsawa,  Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global, dalam bentuk tulisan atau media lain.

C.INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1Menghayati anugerah tuhan terhadap para pemimpin dalam proses mempertahankan kemerdekaan
2.1.1Menunjukan sikap empati terhadap para pejuang dan mengamalkan nilai-nilai kejuangan para pahlawab dalam kehidupan sehari
2.2.1Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran sejarah.
2.3.1Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, kerja sama dan proaktif  yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku sejarah dalam berpartisipasi menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia
3.1.1Memahami definisi perang dingin
3.1.2Menyebutkan factor-faktor penyebab terjadinya perang dingin
3.1.3Menyebutkan bentuk-bentuk perang dingin
3.1.4Mengidentifikasi dampak-dampak perang dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global
3.2.1Mengidentifikasi latar belakang berdirinya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.2.2Mengidentifikasi tujuan berdirinya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.2.3Mengidentifikasi perkembangan dari: GNB, ASEAN, OKI, APEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.3.1Mengevaluasi sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Aphartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan Terorisme dunia bagi kehidupan social dan politik global.
4.1.1Membuat Kliping atau makalah tentang perkembangan dan dampak perang dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global.
4.2.1Membuat kliping atau makalah tentang sejarah organisasi global dan regional diantaranya : GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA.
4.3.1Merekonstruksi salah satu peristiwa sejarah kontemporer dunia seperti runtuhnya Pakta Warsawa,  Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global, dalam bentuk tulisan atau media lain.

D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Definisi Perang Dingin
Pasca Perang Dunia Kedua (PD II) terjadi perebutan kepentingan dari kubu pemenang yaitu Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet menimbulkan suasana yang tidak representatif. Pertentangan di antara dua kekuatan dunia tersebut melahirkan Perang Dingin (the cold war).
Perang Dingin (The Cold War) atau ‘perang urat syaraf’ adalah suasana internasional yang penuh ketegangan dan bermusuhan akibat konflik ideologi antara Blok Barat (liberal kapitalis) pimpinan Amerika Serikat dan Blok Timur (sosialis komunis) pimpinan Uni Soviet yang berkembang setelah Perang Dunia II berakhir.

2.Faktor-faktor penyebab Perang Dingin
1)Perbedaan dan Pertentangan Ideologi
2)Perebutan Dominasi Kepemimpinan

3.Bentuk–bentuk Perang Dingin
1)Bidang Politik
2)Bidang Ekonomi
3)Bidang Militer
4)Bidang Ruang angkasa

4.Hubungan Pemerintahan Komunis di Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba dengan Perluasan Perang Dingin ke Luar Eropa
1)Pemerintahan Komunis di Cina
2)Perang Korea
3)Revolusi Kuba

5.Hubungan Perang Vietnam dengan Perkembangan Politik di Asia Tenggara

6.Hubungan Perkembangan Teknologi Persenjataan dan Ruang Angkasa dengan Kondisi Keamanan Dunia pada Masa Perang Dingin

7.Organisasi Regional dan Global
1)Gerakan Non Blok (GNB)
2)ASEAN,
3)OKI,
4)APEC,
5)MEE,
6)GATT,
7)WTO,
8)NAFTA
9)CAFTA

8.Sejarah Kontemporer Dunia
1)Pakta Warsawa
2)Runtuhnya Uni Soviet
3)Jerman Bersatu
4)Konflik Kamboja
5)Perang Teluk
6)Aphartheid di Afrika Selatan
7)Konflik Yugoslavia
8)Terorisme Dunia

Untuk Link Download Perangkat Pembelajaran K13 Sejarah Peminatan Kelas XII dibawah ini :

Google Drive : Kunjungi Juga Situs kami yang baru : Mediabahasan.com

Sekian Terimakasih atas kunjunganya...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar