Soal Bahasa Indonesia Menentukan Bagian Teks

Soal Bahasa Indonesia Menentukan Bagian Teks. Cuntorio kali ini membagikan contoh soal tentang menentukan bagian dari teks.



Teks Laporan adalah bentuk hasil pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepada pembaca. Oleh karena itu, teks laporan dapat pula disamakan dengan teks hasil observasi.

Struktur Teks Observasi

  1. definisi umum
  2. deskripsi bagian
  3. deskripsi manfaat


Teks Eksposisi merupakan uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Eksposisi juga berarti tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

  1. Tesis/opini (pembuka)
  2. Argumentasi (isi)
  3. Penegasan ulang (penutup)


Teks Ulasan adalah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai karya sastra. Analisis tersebut berisi tinjauan terhadap karya sastra baik buku, cerpen, novel, film, drama, maupun puisi.

Struktur Teks Ulasan

  1. Orientasi
  2. Tafsiran
  3. Evaluasi
  4. Rangkuman


Teks Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Senuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau data kematian dan data pekerjaan seseorang.

Struktur Teks Biografi

  1. Orientasi/Pengenalan Tokoh
  2. Peristiwa dan Masalah
  3. Reorientasi


Teks Prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Teks cerita prosedur adalah petunjuk yang berisi langkah-langkah dengan tujuan tertentu.

Struktur Teks Prosedur

  1. Tujuan
  2. Bahan-bahan/perlengkapan
  3. Langkah-langkah


Teks Tanggapan Kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

  1. Resume/Ringkasan
  2. Kelebihan/kekurangan
  3. Penilaian menyeluruh

Soal Bahasa Indonesia Menentukan Bagian Teks

Soal Menentukan Bagian Teks
1. Bacalah teks berikut!
Minggu lalu, saya dan keluarga saya berpariwisata ke Parang Titis. Parang Titis adalah pantai di Samudera Indonesia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kutipan teks rekon tersebut merupakan bagian ...
A. orientasi
B. urutan Peristiwa
C. reorientasi
D. pilihan

2. Bacalah teks berikut!
Pagi tadi, ada sebuah mobil yang diparkir di depan pintu garasi, sehingga menghalangi pintu keluar mobil saya. Saya kira mobil itu milik seseorang yang mengikuti pesta tadi  malam. Saya mengetuk pintu tetangga itu dan menanyakan hal ini kapada mereka, tetapi mereka tidak tahu. Saya bertanya kepada tetangga yang lain, sebelum saya menelpon polisi, dengan harapan polisi dapat menindak pemilik mobil dan menyingkirkannya.

Kutipan teks eksemplum tersebut merupakan bagian ...
A. abstrak
B. orientasi
C. insiden
D. interpretasi

Bacalah teks berikut!
Sangat ajaib, begitu nenek itu berhenti berbicara, keluarlah dari tangannya sepasang sepatu kaca yang indah. Dipakailah sepatu itu oleh Cinderela. Ia juga diberi pakaian baru yang indah. Dalam sekejap Cinderela berubah menjadi seorang gadis remaja yang sangat cantik.

Kutipan teks naratif tersebut adalah bagian ...
A. orientasi
B. komplikasi
C. evaluasi
D. resolusi

4. Bacalah kutipan teks biografi berkut!
Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari keluarga keraton Yogyakrta. Meskipun demikian, ia sangat dekat dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun saka, Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.

Kutipan teks di atas adalah bagian ...
A. orientasi 
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. koda

4. Cermatilah kutipan teks biografi berikut.
Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil menekuni pendidikan HIS dan MULO , walau pendidikan MULO-nya tidak tamat. Ia kemudian pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dengan ibunya pada tahun 1940, tempat ia menggeluti dunia sastra.

Struktur teks biografi tersebut adalah ....
A. orientasi
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. evaluasi

5. Cermatilah kutipan teks prosedur "Cara menyajikan White Coffee" berikut.
Di Indonesia, komunitas pecinta kopi semakin hari semakin bertambah pesat. Tak jarang bermunculan kedai kopi yang menyajikan rasa kopi yang begitu nikmat. Tentu saja untuk menikmati kopi berkualitas tersebut tidak bisa dengan harga yang murah. Walaupun begitu, tidak usah kecewa. Kini kopi dalam kemasan telah banyak beredar dengan rasa yang tak kala nikmat, White Koffee contohnya. Untuk mendapatkan cita rasa seduhan yang nikmat, kita harus menyajikan dengan tepat pula.

Struktur teks prosedur tersebut adalah ....
A. tujuan
B. bahan-bahan dan alat
C. langkah-langkah
D. penutup

6. Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut.
Dengan demikian, siswa lulusan SMK jauh lebih siap kerja dibandingkan dengan SMA. Namun, untuk menentukan pilihan itu semua tergantung dengan minat, kemampuan, serta bakat kita.

Struktur teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A. evaluasi
B. deskripsi teks
C. penegasan ulang
D. orientasi

7.  Cermatilah kutipan biografi berikut.
N. H. Dini, Lahir 29 Februari 1936 di Semarang. Berpendidikan SMA bagian Sastra (1956), Kursus Pramugari Darat GIA Jakarta (1956), dan Kursus B-I Jurusan Sejarah (1957).

Struktur teks biografi tersebut adalah ....
A. orientasi
B. peristiwa
C. masalah
D. reorientasi

8. Cermatilah kutipan ulasan berikut.
Oleh karena itu, Laskar Pelangi layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton kapan pun secara berulang-ulang. Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satu pun adegan kekerasan atau sensual. diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak produser film Indonesia yang termotivasi untuk membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan melebihi film Laskar Pelangi.

Kutipan ulasan film tersebut merupakan bagian ....
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman

9. Cermatilah kutipan teks berikut.
Namun, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentu mempunyai kewajiban belajar belajar, facebook sangat mengganggu terhadap pelajaran saya, baik dari segi waktu maupun konsentrasi untuk belajar.
Hampir setiap hari, orang-orang membuka facebook hanya untuk sekadar update status, chating, dan banyak lagi. Itu hanya membuang-buang waktu, padahal masih banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan.

Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian ....
A. pernyataan pendapat
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan kembali

10.Cermatilah kutipan cerpen berikut.
Orang tua itu mendengar apa yang dibicarakan anak dan menantunya. Dia melihat ke depan, ke arah yang dikatakan anak dan menantunya. Tampak olehnya patung polisi di bawah guyuran hujanlebat dalam posisi memberi hormat kepada mereka. Mobil pun berjalan karena lampu telah hijau. Dari jendela orang tua itu melihat keluar. Dia perhatikan patung polisi itu dalam guyuran hujan. Dia iba melihat polisi patung itu. Dia tiba-tiba tersentak.
"Ya Allah. Polisi itu ... menjadi batu ...."

Kutipan tersebut merupakan bagian dari struktur cerpen, yaitu ....
A. abstrak
B. resolusi
C. evaluasi
D. koda

11. Cermatilah kutipan berikut.
Ketika itu, Yayuk Basuki akhirnya mundur dari Pelatnas. Dia tetap tercatat sebagai bagian dari sejarah petenis lapangan putri Indonesia. Dia berasal dari klub di Jakarta. Yayuk dinilai sebagai anak yang cukup penurut oleh orang tuanya.

Paragraf tersebut merupakan bagian struktur teks biografi yang disebut ....
A. orientasi
B. peristiwa dan masalah
C. reorientasi
D. koda

12. Cermatilah kutipan berikut.
Suatu ketika, terdapatlah tiga ikan yang hidup di sebuah kolam. Di suatu sore, beberapa nelayan melewati kolam tersebut dan melihat ikan-ikan itu. "Kolam ini penuh dengan ikan", mereka berbicara satu sama lain dengan bergairah. "Kita belum pernah memancing di sini sebelumnya. Kita harus datang lagi besok pagi dengan jaring kita dan menangkap ikan-ikan ini!" Kemudian nelayan-nelayan tersebut pergi.

Kutipan tersebut merupakan bagian dari teks fabel, yaitu ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda

13. Cermatilah kutipan teks ulasan berikut dengan saksama.
Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.

Kutipan ulasan film tersebut merupakan bagian ....
A. orientasi
B. tafsiran
C. evaluasi
D. rangkuman

14. Cermati kutipan teks berikut.
Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat remaja yang unggul. Mereka bisa bersaing, baik ditingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan.

Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian ....
A. pernyataan pendapat
B. tesis
C. argumentasi
D. penegasan ulang

15. Cermati kutipan berikut dengan saksama.
Sang Semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang Semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang Semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam mendengar ejekan tersebut.

Kutipan teks fabel tersebut merupakan bagian ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda.

/soal-menentukan-bagian-teks

0 Response to "Soal Bahasa Indonesia Menentukan Bagian Teks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel