Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato

Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato - Kalian tentu pernah melihat seseorang berpidato. Tetapi mungkin kalian tidak pernah memikirkan apa saja bagian-bagian teks pidato, tujuan pidato. Dengan adanya contoh pidato semoga kalian akan semakin mudah dalam memahami materi tentang pidato. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato

Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato
Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato

1. Bagian - Bagian Pidato dan Contoh Pidato

Pidato merupakan salah satu keterampilan berbicara di depan orang banyak (umum). Tujuan pidato adalah untuk menyampaikan suatu informasi atau gagasan tertentu. Sebelum orang berpidato, biasanya mereka menyusun naskah pidato terlebih dahulu. Tujuannya agar pidato yang mereka sampaikan dapat berjalan baik dan sukses. Untuk itu, diperlukan kepandaian dalam menulis sebuah pidato.

Pada suatu acara, pernahkan kamu diminta untuk menyusun sebuah pidato ? Bagaimana menyusun naskah pidato yang baik? Mari kita ikuti pelajaran ini !

Naskah pidato terdiri atas tiga bagian. Bagian tersebut, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.


a. Bagian pendahuluan, terdiri atas  :
1) salam pembuka,
2) kata-kata sapaan dan penghormatan.

b. Bagian isi, terdiri atas :
1) pembuka isi pidato,
2) isi pidato,
3) harapan pembicara terhadap isi pidatonya.

c. Bagian penutup, terdiri atas :
1) doa (dalam suasana khusus dan jika diperlukan),
2) permohonan maaf jika ada kesalahan,
3) salam penutup.

Contoh Teks Pidato

Perhatikan contoh teks pidato berikut yang dibuat oleh siswa kelas XII SMA di Semarang yang akan pindah ke kota lain, yaitu Palembang.

Assalamu’alaikum wr. wb.

         Selamat siang.
         Yang terhormat Bapak Suratno selaku wali kelas, serta
         Teman-temanku semua.

Maaf, saya kurang berani berbicara di depan teman-teman yang baik hati ini. Sebenarnya berat sekali bagi saya untuk mengatakannya. Tetapi seberat apapun memang saya harus katakan. Sebab hari ini merupakan kesempatan terakhir bagi saya  di kelas ini. Mulai besok, saya sudah tidak menjadi siswa di kelas ini, karena akan pindah ke SMA 1 Palembang. Besok pagi saya bersama orang tua, dan dua adik saya akan berangkat dari Semarang ke Palembang. Ayah saya yang bertugas di BRI Semarang dipindahtugaskan ke Palembang.

Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada kawan-kawan yang semuanya menjadi kawan saya yang baik. Banyak kenangan saya peroleh dari kawan-kawan.

Banyak pula pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh. Rasanya saya tidak dapat menghitung kebaikan teman-teman , baik dalam bermain dan belajar. Karena itu, saya sampaikan ucapan terima kasih yang tulus.

Selain itu, saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya bila selama berteman di sini saya sering melakukan kesalahan dan sering membuat kawan-kawan kecewa. Sekali lagi, saya minta maaf. Semoga teman-teman memaafkan.

Akhirnya saya minta tambahan doa, semoga perjalanan saya ke Palembang besok pagi lancar dan selamat sampai tujuan. Semoga di Palembang saya segera mendapat teman-teman bermain dan belajar yang baik-baik seperti temanku di sini. Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang tidak berkenan di hati teman-teman semua.

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
                                                                                                         


                                                                                                                                                      Yustina Kelas XII-IPA-1



2. Tujuan Pidato

Seseorang menulis sebuah pidato mempunyai beberapa tujuan. Tujuan tersebut disusun berdasarkan topik yang diangkat. Adapun secara umum, tujuan dari penyusunan pidato adalah sebagai berikut.

a. Tujuan naratif, yaitu berpidato untuk menyampaikan  informasi melalui cerita kepada pendengar.

Contohnya pidato pada sambutan hari proklamasi kemerdekaan dengan menguraikan sejarah para pahlawan.


b. Tujuan argumentatif, yaitu pidato yang bertujuan untuk meyakinkan kepada pendengar mengenai pendapat atau gagasannya disertai alasan atau argument yang mendukung.

Contohnya pidato pembacaan  program kerja Ketua Osis di sekolah.

c. Tujuan persuatif, yaitu pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, menghimbau, dan mengajak para pendengar untuk mengikuti apa yang disampaikan dalam berpidato.

Contohnya pidato pemilihan kepala daerah, pidato penyuluhan kesehatan, dan sebagainya.

d. Tujuan agitatif, yaitu pidato yang bertujuan untuk mengobarkan semangat dan memperkuat mental  pendengar untuk melakukan sesuatu.

Semoga dengan adanya Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato ini kalian semakin memahami dan mampu menguasai materi tentang apa saja bagian-bagian pidato, contoh pidato, dan apa sebenarnya tujuan pidato. Terimakasih telah membaca Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato.

Pencarian Anda lainya :

  • Teks pidato perpisahan


CONTOH PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH

Assalamualaikum wr. Wb
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.
Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.
Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.
Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.
Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.
Wassalam.


  • Contoh teks pidato agama islam
  • Teks pidato persuasif
  • Contoh pidato tentang disiplin
  • Contoh pidato tentang lingkungan
  • Contoh pidato narkoba
  • Contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • Contoh pidato pendidikan moral

0 Response to "Bagian - Bagian Teks Pidato, Contoh Pidato, dan Tujuan Pidato"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel