Pengertian, Pembagian, dan Metodologi Ilmu Ekonomi

Pengertian, Pembagian, dan Metodologi Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu -individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang , dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa dan mendistribusikannya unutuk kebutuhan konsumsi , sekarang dan di masa datangm kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.


Pengertian Ilmu Ekonomi

Secara etimologi, kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata oikonomia. Oikonomia berasal dari kata oikos dan nomos. Oikos memiliki arti rumah tangga dan nomos memiliki arti peraturan atau manajemen. Jadi oikonomia dapat diartikan sebagai manajemen rumah tangga.
Definisi ilmu ekonomi menurut para tokoh ahli :
John Adam Smith

  • Adam Smith: Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
  • Paul A Samuelson: Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang-orang memilih menggunakan sumber produksi yang terbatas, untuk memproduksi berbagai komoditas dan menyalurkannya kepada masyarakat untuk keperluan konsumsi.
  • Lionel Robbins: Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang langka yang memiliki alternatif kegunaan.
  • Alfred Marshall: Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian kesejahteraan material.
  • Richard George Lipsey: Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas.
  • Jean Baptiste: Ilmu ekonomi adalah kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.
  • John Stuart Mill: Ilmu ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.
  • Nicholas Gregory Mankiw: Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia ke arah kemakmuran.
  • Prof. DR. Jacob Louis  Mey JR: Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha manusia ke arah kemakmuran.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Berdasarkan ruang lingkup pembahasan, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan.

Ekonomi deskriptif adalah kajian yang menjelaskan secara apa adanya tentang peristiwa ekonomi di suatu wilayah pada masa tertentu. Dalam ekonomi deskriptif, kita mengumpulkan informasi faktual mengenai masalah ekonomi tertentu.

Teori ekonomi adalah pernyataan yang menerangkan tentang hubungan antara gejala-gejala dari suatu objek berdasarkan fakta empiris. Jadi teori ekonomi merupakan penjelasan tentang bagaimana suatu peristiwa ekonomi dapat terjadi.

Teori ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro.

  • Teori ekonomi makro adalah teori ekonomi yang membahas masalah ekonomi secara keseluruhan. Beberapa kajian ekonomi makro adalah pendapatan nasional, tingkat pengangguran, inflasi, anggaran pemerintah, total permintaan dan penawaran nasional.
  • Teori ekonomi mikro adalah teori ekonomi yang membahas masalah ekonomi dengan ruang lingkup sempit atau khusus. Beberapa kajian ekonomi mikro adalah pendapatan seseorang atau perusahaan tertentu, perilaku konsumen dan produsen, teknik produksi perusahaan, konsumsi individu dan keluarga, dan tabungan individu.

Ekonomi terapan adalah cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi deskriptif sebagai solusi dari permasalahan ekonomi. Ekonomi terapan merupakan penggunaan teori ekonomi pada masalah-masalah ekonomi tertentu untuk merumuskan kebijakan yang tepat. Dengan demikian ekonomi terapan adalah penyelesaian dari suatu masalah ekonomi.
Sejauh ini ilmu ekonomi telah berkembang melebihi ilmu sosial lainnya dan terbagi ke dalam bebearapa bidang, seperti ekonomi moneter, ekonomi publik, ekonomi industri, ekonomi internasional, ekonomi regional, ekonomi sumber daya alam, ekonomi sumber daya manusia dan ekonomi syariah.
Pernyataan positif dan pernyataan normatif dalam ekonomi

  • Pernyataan positif adalah penjelasan mengenai masalah ekonomi yang sedang terjadi dan yang akan terjadi.
  • Pernyataan normatif adalah penjelasan tentang kegiatan ekonomi yang seharusnya terjadi. Pernyataan normatif meliputi pemikiran terhadap hal-hal yang sebaiknya terjadi untuk kepentingan masyarakat.

Metodologi Ilmu Ekonomi

Metodologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari metode, umumnya metode ilmiah, yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk prinsip tentang pertimbangan ekonomi.
Metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi antara lain :

Metode induktif
Metode pengambilan kesimpulan dan keputusan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang ada berkaitan dengan peritiwa ekonomi.

Metode deduktif
Metode ilmu ekonomi yang dilakukan berdasarkan ketentuan atau prinsip umum untuk menetapkan solusi yang tepat dari suatu masalah ekonomi.

Metode matematika
Metode penyelesaian masalah ekonomi melalui pemecahan soal-soal matematis.

Metode statistika
Metode penyelesaian masalah ekonomi melalui pengolahan, penjajian dan penafsiran data secara statistik.

0 Response to "Pengertian, Pembagian, dan Metodologi Ilmu Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel