Contoh Soal tentang Surat Pembaca Lengkap Pembahasan

Surat pembaca adalah surat yang dimuat dalam surat kabar dan sebagainya (KBBI versi online)

Dalam pengertian lain, surat pembaca adalah opini singkat yang ditulis oleh pembaca. Opini singkat ini dimuat dalam rubrik khusus surat pembaca.

Soal tentang surat pembaca sering dijumpai pada Ujian Nasional (UN). Hampir di setiap tahun, soal tentang surat pembaca selalu dimasukkan pada naskah soal UN Bahasa Indonesa SMP/MTs. Oleh sebab itu, para siswa perlu memahami bagamana model soal tentang surat pembaca.


Berikut ini adalah soal tentang surat pembaca.

1. Cermati ilustrasi berikut!
Jumlah WC siswa di SMP Sehati sudah sesuai dengan rasio jumlah siswa, tetapi terlihat kotor dan baunya menyengat. Hal itu disebabkan kurang tercukupinya air bersih. Air dari PDAM tidak dapat memenuhi total kebutuhan air di SMP Sehati. Nina ingin memperbaiki lingkungan sekolahnya. Dia menulis surat pembaca kepada pihak komite sekolah agar air bersih di WC siswa tercukupi.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jumlah WC siswa di SMP Sehati mencukupi namun debit air bersihnya tidak mencukupi. Akibatnya, WC menjadi kotor dan baunya menyengat. Kiranya masalah ini bisa segera ditangani. Bila memungkin komite sekolah dapat membantu membangun pompa air untuk memenuhi kebutuhan air tersebut karena PDAM tidak mampu memenuhinya.

B. Jumlah WC siswa di SMP Sehati tergolong banyak namun kotor dan berbau. Hal itu disebabkan debit air tidak  mencukupi. Sayang hal tersebut tidak pernah mendapatkan perhatian. Komite sekolah sebagai wakil wali murid harus menegur kepada sekolah.

C. Jumlah WC siswa di SMP Sehati sebenarnya sudah memenuhi rasio, namun kotor dan bau. Penyebabnya debit air yang tersedia tidak mencukupi. Pasti hal itu tidak akan terjadi bila kepala sekolah memperhatikan. Bila memungkinkan pengurus komite sekolah menegur direktur PDAM karena pelayanannya mengecewakan.

D. Jumlah WC siswa SMP Sehati sudah mencukupi namun volume airnya tidak mencukupi akibatnya kotor dan berbau menyengat. Kiranya masalah ini segera bisa ditangani bila perlu pengurus komite mendatangi direktur PDAM untuk memenuhi air bersih di SMP Sehati.

2. Cermati ilustrasi berikut!
SMP Pusponegoro Bojongsari mempunyai lahan yang luas. Namun, lahan tersebut dibiarkan gersang, tidak ditanami apa-apa. Untuk itu, Rusli meminta kepala sekolah untuk menghijaukan lahan tersebut.

Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami sangat beruntung bersekolah yang  mempunyai lahan bermain yang luas. Sehingga waktu istirahat kami tidak keluar lingkungan sekolah.

B. Fasilitas sekolah kami cukup lengkap. Taman, lahan bermain, dan jumlah kelas sangat memadai. Sayangnya itu semua tidak dipelihara dengan baik.

C. Sebenarnya lahan sekolah kami cukup luas. Namun, kami merasakan kegersangan dan panas. Mohon kepada Bapak, lahan yang luas itu ditanami pepohonan agar nampak hijau dan sejuk.

D. Mungkin di kabupaten ini, sekolah kami lah yang mempunyai lahan begitu luas. Lahan tesebut dapat dimanfaatkan untuk praktik anak-anak, misalnya menanam tumbuhan/pohon tertentu.

3. Minggu, 21 Mei 2011 saya naik taksi Budaya. Dompet saya tertinggal di taksi tersebut karena saya terburu-buru turun. Lima jam kemudian saya ditelepon oleh perusahaan taksi tersebut. Suara penelepon memberi tahu bahwa dompet saya ada di kantor tersebut. [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ...
a.Manajemen seperti ini membuat semua supir taksi merasa nyaman.
b.Manajemen perusahaan tersebut sungguh telah menerapkan karakter jujur.
c.Setiap perusahaan taksi selalu menjalani pelayanan prima.
d.Setiap supir taksi senantiasa mengecek kondisi penumpang.

Jawaban : B
Pembahasan : Ilustrasi tersebut menunjukkan rasa senang atas sikap jujur perusahaan taksi. Dengan demikian, kalimat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut berupa pujian, yakni “Manajemen perusahaan tersebut sungguh telah menerapkan karakter jujur.”


4. Tawuran antar pelajar sudah terjadi puluhan tahun yang lalu, terutama di kota-kota besar. Sebagian besar mempersenjatai diri dengan senjata tajam dan tumpul. Bahkan, ada pelajar yang terluka ataupun tewas. Kemudian, ada pihak yang menyalahkan antara pihak sekolah, orang tua, dan pemerintah. Tidak pernah ada solusi pencegahan untuk mengatasi masalah tawuran. Oleh sebab itu, perlu dibentuk sistem yang efektif. Salah satu langkah yang efektif adalah memasang kamera pengintai (CCTV) di dekat atau di sekitar sekolah yang rawan tawuran. Aparat kepolisian pun harus memberikan pengarahan langsung kepada pelajar di sekolah. [....] Pihak sekolah pun perlu mengajak pihak orang tua pelajar agar mampu mengendalikan perilaku putra-putrinya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah ...
a.Aparat kepolisian harus berusaha sekuat tenaga untuk membasmi aksi tawuran tersebut.
b.Pemerintah harus menjalin kerja sama dengan berbagain instansi yang dapat mengatasi masalah tawuran di sekolah masing-masing.
c.Pihak sekolah, aparat kepolisian, dan orang tua pun harus duduk bersama untuk menyelesaikan masalah tawuran yang sering terjadi.
d.Aparat kepolisian harus menanamkan pengertin bahwa pelaku kekerasan dapat dijatuhi sanksi hukum.

Jawaban : D
Pembahasan : Surat pembaca dalam ilustrasi berisi pemberitahuan bahwa pengiriman surat prihatin terhadap aksi tawuran yang marak terjadi akhir-akhir ini. Pengiriman surat memberikan saran beberapa langkah untuk mengatasi tawuran antarpelajar tersebut. Kalimat yang tepat digunakan untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah kalimat yang menyatakansaran. Kalimat saran yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya adalah pilihan jawaban D. Sementara itu kalimat dalam pili8han jawaban A, B, dan C tidak koheren dengan kalimat-kalimat dalam surat pembaca tersebut.

5. Indonesia negara ramah, subur, makmur, tenteram, dan damai. Namun, sekarang semua tinggal cerita. Di mana-mana terjadi tindakan yang merugikan masyarakat. Hampir tidak ada ketentraman hidup, banyak pengangguran, korupsi terjadi di mana-mana, pejabat sibuk meningkatkan kesejahteraan diri sendiri. Kita tentu prihatin dengan semua ini. Sebagai generasi penerus bangsa, apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi keadaan ini ? [....]

Kalimat ajakan yang sesuai untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah ...
a.Mari kita menjadi baik, mandiri, dan bermanfaat bagi sesama sekecil apapun.
b.Mari kita berantas kejahatan yang meresahkan masyarakat.
c.Mari kita melanjutkan perjuangan para pejuang bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja keras.
d.Mari kita bantu aparat keamanan untuk menangkap pelaku kejahatan.

Jawaban : A
Pembahasan : Pilihan jawaban A, B, dan D secara runtut dapat dilengkapkan pada kutipan surat pembaca tersebut. Akan tetapi, dari ketiga jawaban tersebut yang memenuhi syarat kelogisan adalah pilihan jawaban A. Sementara jawaban C tidak sesuai dengan surat pembaca yang dikutip tersebut. Jadi, pilihan jawaban yang sesuai adalah A.

0 Response to "Contoh Soal tentang Surat Pembaca Lengkap Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel