UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Materi Simpulan Pendapat Pro/Kontra

Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Materi Simpulan Pendapat Pro/Kontra - Simpulan pendapat pro/kontra dapat berupa persetujuan penulis dan ketidaksetujuan penulis terhadap masalah yang dibahas. Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kalian harus mencari ide-ide pokok tiap-tiap paragraf terlebih dahulu. Selanjutnya kalian meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

Simpulan dapat berupa kalimat tanggapan kritis. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam menganalisis masalah. Selain itu, ia harus peka terhadap masalah yang ada Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas.



Pendapat pro disebut tanggapan kritis positif. Pendapat pro berupa persetujuan, dukungan, optimistis, dan pujian. Sebaliknya, pendapat kontra disebut tanggapan kritis negatif. Pendapat kontra berupa penolakan, kritik, pesimistis, dan keprihatinan. Pendapat pro dan kontra dapat disimpulkan.

1. Bacalah paragraf berikut.
1) Narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. 2) Sayangnya, dukungan anggaran terhadap Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai ujung tombak perang terhadap narkoba justru dipotong. 3) Pemotongan ini beralasan untuk efisiensi anggaran. 4) Tahun ini anggaran APBN untuk BNN dipotong dari Rp1,9 triliun menjadi Rp1,3 triliun.

Simpulan berupa ketidaksetujuan penulis berdasarkan paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Jawaban: C
Pembahasan_ Paragraf tersebut membahas anggaran Badan Narkotika Nasional yang dipotong. Ketidaksetujuan penulis terhadap masalah tersebut terdapat pada kalimat 2). Penulis tidak menyetujui jika anggaran BNN dipotong karena narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. 

2. Bacalah paragraf berikut.
1) Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengundang mahasiswa di kawasan Asia Tenggara untuk mendaftar program beasiswa SHARE periode keempat. 2) Beasiswa tersebut ditawarkan untuk menempuh studi di perguruan tinggi di wilayah Asia Tenggara atau Eropa selama satu semester selama periode Desember 2017 sampai Agustus 2018. 3) Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama khusus ASEAN dan Uni Eropa. 4) Program beasiswa ini merupakan program yang tepat karena dapat membantu pelajar yang kurang mampu.

Simpulan yang berupa persetujuan penulis dalam paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Jawaban: A
Pembahasan_ Pernyataan yang menunjukkan persetujuan atau dukungan penulis terdapat pada kalimat 4). Kalimat 4) menunjukkan persetujuan penulis terhadap program beasiswa SHARE. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

3. Bacalah teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.

Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.

Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

5. Bacalah teks berikut!
(1) Keluarga merupakan wadah untuk mendapatkan bimbingan dan latihan bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak. (2) Keluarga terdiri atas, ayah, ibu, dan anak. (3) Ibu memiliki peran besar, tetapi banyak yang belum menyadarinya. (4) Kenyataanya menunjukkan perilaku ibu dijadikan panduan bagi perilaku mereka. (5) Ibu adalah orang yang hebat.

Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah teks berikut!
Peran Ibu dalam Keluarga
(1) Jika berbicara mengenai pendidikan anak, orang yang paling berpengaruh adalah ibu. (2) Keberhasilan pendidikan anak sangat ditentukan oleh sentuhan tangan ibu meskipun keikutsertaan bapak tidak dapat diabaikan begitu saja. (3) Ibu merupakan wanita yang mulia dan hebat. (4) Pendidikan yang didapat anak dalam keluarga meliputi pendidikan iman, moral, fisik/jasmani, intelektual, psikologi, dan sosial.

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

7. Bacalah teks berikut!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

8. Bacalah teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.

Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci: 3 B, 4 B, 5 D, 6 C, 7 C, 8 D

Demikianlah yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat siswa kelas 9 yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Sukses selalu buat kalian.

0 Response to "UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Materi Simpulan Pendapat Pro/Kontra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel