Loading...

20+ Pola Limbah Gas, Pengertian, Gambar, Dan Penjelasannya

Berdasarkan wujudnya, limbah sanggup digolongkan ke dalam 3 jenis, yaitu limbah padat, limbah cair, dan limbah gas. Nah, jikalau di artikel sebelumnya kita telah membahas wacana contoh limbah padat dan cair, di artikel kali ini kita akan membahas jenis limbah yang terakhir, yaitu limbah gas. Bagi Anda yang belum tahu apa itu limbah gas dan menyerupai apa contoh-contoh limbah gas, silakan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Contoh Limbah Gas

Pengertian limbah gas sanggup didefinisikan sebagai materi sisa berbentuk gas yang dihasilkan dari proses pembakaran atau pembusukan suatu bahan. Limbah ini sanggup diidentifikasi dari adanya warna udara, bau, atau rasa. Kendati begitu, beberapa gas berbahaya justru tidak membuktikan ciri spesifik, sehingga akan sangat berbahaya bila hingga terhirup masuk ke dalam paru-paru. Nah, berikut ini ialah beberapa pola limbah gas yang umum terdapat di sekitar lingkungan kita beserta karakteristik dan resiko ancaman yang sanggup ditimbulkannya.

 jikalau di artikel sebelumnya kita telah membahas wacana  20+ Contoh Limbah Gas, Pengertian, Gambar, dan Penjelasannya

1. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida ialah contoh limbah gas yang dihasilkan dari proses pembakaran yang tidak sempurna. Bila kita memanaskan mesin kendaraan di dalam ruangan tertutup, maka kendaraan beroda empat akan mengeluarkan gas ini dari knalpotnya. Karbon monoksida sendiri ialah gas yang tidak berasa, berbau, dan bahkan tidak berwarna. Kendati begitu, jikalau kita hingga menghirupnya resiko keracunan bahkan janjkematian sanggup menjadi sangat tinggi.

2. Karbon Dioksida (CO2)

Karbon dioksida ialah contoh limbah gas yang umumnya dihasilkan dari proses pembakaran senyawa karbon. Setiap hari kita menghasilkan gas ini melalui proses pernafasan. Gas karbon dioksida diperlukan untuk pertumbuhan beberapa organisme, termasuk tumbuhan, fungi, dan lain sebagainya. Kendati begitu, keberadaan gas ini diudara haruslah berada dalam jumlah seimbang. Bila lebih dari 5000 ppm akan mengakibatkan problem kesehatan pada manusia, sedangkan bila konsentrasi lebih dari 50.000 ppm sanggup membahayakan kehidupan hewan. Cerobong asap pada pabrik-pabrik pengolahan dibentuk tinggi menjulang biar karbon dioksida terlepas pada udara di ketinggian yang jauhg dari jangkauan insan bernapas.

3. Sulfur Dioksida (SO2)

Sulfur dioksida ialah contoh limbah gas yang dihasilkan dari proses pembakaran materi yang mengandung sulfur. Pembangkit listrik tenaga uap (batu bara) akan menghasilkan gas ini dalam jumlah banyak. Keberadaan gas welirang dioksida dalam jumlah berlebih sanggup membahayakan kesehatan pernapasan pada binatang dan manusia, selain itu, lantaran bersifat asam gas ini juga sanggup mengakibatkan terjadinya korosi terutama iritasi pada kulit.

4. Gas Amonia (NH3)

Gas amoniak ialah pola limbah gas yang mempunyai aroma yang sangat kuat. Gas ini umumnya dihasilkan dari proses penguraian protein yang dilakukan mikroorganisme. Bau busuk dari bangkai, masakan sisa, dan sampah-sampah di sekitar kita ialah disebabkan lantaran adanya gas amoniak ini. Keberadaannya sendiri sangat mengganggu kenyamanan, sehingga perlu ditangani secara serius.

5. Gas Metan (CH4)

Gas metan ialah gas yang dihasilkan dari proses pembusukan anaerobik bermacam-macam materi organik. Ia sanggup terbentuk secara alami tanggapan gundukan sampah, di tempat rawa, selokan, atau septictank. Selain itu, sektor industri menyerupai penambangan kerikil bara, minyak bumi, dan gas alam juga menyumbang terelapasnya pola limbah gas ini ke udara. Keberadaan gas metan sendiri pada konsentrasi tertentu sanggup menimbulkan problem serius bagi kehidupan manusia, contohnya menimbulkan mual muntah, keracunan, gagal jantung, hingga kematian. Selain itu, sifatnya yang gampang terbakar sanggup mengakibatkan terjadinya kebakaran besar dan ledakan yang membahayakan.

Nah, itulah beberapa pola limbah gas yang sanggup mengakibatkan kerusakan pada lingkungan dan mengganggu kehidupan dan kenyamanan manusia. Selain kelima gas tersebut, terdapat beberapa pola limbah gas lainnya yang terdapat di sekitar lingkungan kita di antaranya Hidrogen Sulfida (H2S), Nitrogen Oksida (NO), Nitrogen Dioksida (NO2), dan gas Hidrogen (H2).

0 Response to "20+ Pola Limbah Gas, Pengertian, Gambar, Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...