Materi Dilengkapi Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia SMP Kelas 9

Ringkasan isi Teks - Kali ini admin akan membagikan materi UNBK Bahasa Indonesia kelas 9 lengkap dengan contoh soalnya. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu rekan-rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 tahun 2019. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat bermanfaat buat masa depan kalian. Good Luck.

Ringkasan adalah penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi  dan sudut pandang pengarang bacaan asli.



Langkah-langkah membuat ringkasan bacaan sebagai berikut.
  1. Membaca bacaan atau karangan asli untuk mengetahui kesan umum, maksud pengarang, dan sudut pandangnya.
  2. Mencatat gagasan utama setiap paragraf dalam bacaan
  3. Menyusun ringkasan dengan menyusun gagasan utama bacaan menjadi satu paragraf.
  4. Membaca paragraf ringkasan dan memperbaiki atau menyuntingnya jika terdapat kesalahan.

Soal UNBK Bahasa Indonesia SMP Kelas 9

 
1. Bacalah teks berikut!
Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang. Bunga ini mekar pada musim semi. Bunga sakuta dapat terlihat di berbagai tempat di Jepang. Masyarakat Jepang menganggap bunga sakura sebagai simbol penting. Gambar atau lukisan bunga sakura dapat ditemui hampir di semua barang yang ada di Jepang.

Bunga sakura dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bunga sakura dapat digunakan untuk membuat teh. Bunga sakura yang sudah direndam air garam di manfaatkan untuk acar. Bunga sakura bermanfaat untuk kecantikan kulit karena memiliki kandungan zat melatonin dan antioksidan.

Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.
B. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena gambar atau lukisannya dapat ditemui hampir di semua tempat di Jepang.
C. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan
D. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena terlihat di berbagai tempat di Jepang pada musim semi.

Jawaban_ C

Bacaan tersebut membahas bunga sakura. Gagasan pokok paragraf pertama bacaan adalah bunga sakura sebagai bunga nasional Jepang. Gagasan pokok paragraf kedua bacaan adalah bunga sakura dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jadi, ringkasan yang tepat bacaan tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.

2. Bacalah teks berikut!
Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat-istiadat.

Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Ringkasan yang tepat untuk teks di atas adalah ....
A. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar
B. Pendidikan karakter untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial
D. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter

Jawaban_ A

Ringkasan dalam bacaan tersebut dapat dirangkai dari gagasan pokok kedua paragraf. Gagasan pokok paragraf pertama adalah karakter sebagai kunci keberhasilan individu. Gagasan pokok paragraf kedua adalah karakter penting bagi pelajar. Jadi, kunci jawaban yang paling tepat adalah A


3. Perhatikan kutipan teks laporan berikut!
Kehilangan es multitahun ini merupakan masalah kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan merupakan habitat paus, singa laut, dan burung. "Juga berperan mengurangi panas," kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, laut berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.

Simpulan isi teks di atas adalah ....
A. Sedikit es mengapung membuat laut lebih banyak menyerap energi matahari
B. Kehilangan es merupakan masalah kronis di Arktik
C. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa laut, dan burung
D. Es berparan mengurangi panas yang ditampung laut saat musim panas

Jawaban_ B

4. Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Ringkasan teks tersebut adalah...
A. Masker membuat kulit wajah berseri.
B. Fungsi masker dan penggunaannya.
C. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
D. Masker lumpur mengurangi lemak.

Jawaban_B

Pembahasan :
Ringkasan adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana, tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut. Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf, kemudian disusun dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah ringkasan. Urutan ringkasan bacaan mengikuti pola aslinya. Untuk membuat ringkasan, dapat kita lakukan dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap paragraf.

Kata kunci : masker memiliki banyak fungsi (paragraf pertama)…menggunakan masker wajah (paragraf kedua)…

5. Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.

Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
B. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
C. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
D. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban_B

Pembahasan :
Penyajian singkat dari suatu tulisan. Meringkas dapat dilakukan dengan cara menggabungkan gagasan-gagasan dari tiap paragraf menjadi satu kalimat. Gagasan utama paragraf I : pemimpin sebagai panutan; gagasan utama paragraf II: pemimpin memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua gagasan digabung menjadi: Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.

Simpulan isi teks diambil berdasarkan isi kalimat-kalimat dalam teks. Kalimat-kalimat dalam teks di atas bermuara kepada kesimpulan bahwa kehilangan es merupakan masalah kronis di Arktik.

Demikianlahn yang dapat admin bagikan, semoga bermafaat. Terima kasih.

0 Response to "Materi Dilengkapi Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia SMP Kelas 9"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel