Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen dalam Aliran Pendapatan (Circular Flow Diagram)

Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen dalam Aliran Pendapatan (Circular Flow Diagram)

Dilihat dari konsep ekonomi, kegiatan ekonomi dilakukan oleh pelaku ekonomi. Setiap pelaku ekonomi memiliki peran masing-masing. Antarpelaku ekonomi dapat saling berinteraksi yang akan membentuk diagram kegiatan ekonomi (circular flow diagram).

1. Pelaku Kegiatan Ekonomi

Pelaku dalam kegiatan ekonomi di Indonesia terdiri atas beberapa pihak berikut
a. Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Kegiatan konsumen dilakukan rumah tangga konsumen (RTK) dengan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Barang dan/atau jasa dapat diperoleh dari rumah tangga produsen (RTP). Dalam perekonomian, rumah tangga konsumen berperan mengonsumsi barang dan/atau jasa, menyediakan faktor-faktor produksi, membayar pajak kepada rumah tangga negara/ pemerintah, dan memperoleh balas jasa atas faktor-faktor produksi yang digunakan rumah tangga produsen untuk proses produksi.

Apa saja faktor produksi yang disediakan rumah tangga konsumen? Faktor produksi yang disediakan rumah tangga konsumen meliputi faktor produksi tenaga kerja atau sumber daya manusia; sumber daya modal; sumber daya alam seperti tanah; dan kewirausahaan (entrepreneurship). Atas perannya menyediakan faktor-faktor produksi, rumah tangga konsumen akan menerima balas jasa dari rumah tangga produsen. Balas jasa berupa upah atau gaji, bunga modal, laba usaha dan sewa.
Analisis perilaku konsumen diketahui melalui pendekatan kardinal dan ordinal. Pendekatan kardinal menganalisisperilaku konsumen dengan asumsi tingkat kepuasan konsumen dalam mengonsumsi barang dapat diukur dengan satuan tertentu, misalnya uang atau jumlah.Semakin banyak barang yang dikonsumsi rumah tangga konsumen, semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen. Alat analisis pendekatan kardinal adalah kepuasan marginal. Penekatan ordinal menganalisis perilaku konsumen dengan membuat daftar urutan atau prioritas barang yang akan dikonsumsi rumah tangga konsumen. Hasil analisis pendekatan ordinal cenderung bersifat kualitatif. Alat untuk melakukan analisis pendekatan ordinal adalah kurva indeferen.

b. Rumah Tangga Produsen (RTP)/ Perusahaan
Rumah tangga produsen (RTP) berperan menciptakan atau menambah nilai guna barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Atas barang dan/atau jasa yang dihasilkan dan ditawarkan kepada masyarakat, rumah tangga produsen akan memperoleh keuntungan.
Dalam kegiatan ekonomi, produsen berperan sebagai penghasil barang dan/atau jasa, mengombinasikan faktor-faktor produksi, membayar pajak kepada pemerintah, memberikan balas jasa kepada rumah tangga konsumen atas penggunaan faktor-faktor produksi, dan mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi atau penggerak kegiatan ekonomi

c. Masyarakat Luar Negeri
 Masyarakat luar negeri dapat berperan sebagai pendukung dalam kegiatan ekspor impor barang atau jasa dan kegiatan ekspor impor tenaga kerja. Masyarakat luar negeri dan pelaku ekonomi dalam negeri juga dapat menjalin kerja sama dalam bidang modal dan investasi. Masyarakat luar negeri sebagai pendukung perekonomian suatu bangsa melalui pinjaman dana(pinjaman luar negeri).

2. Circular Flow Diagram

Circular flow diagram merupakan gambaran hubungan timbal balik antarpelaku ekonomi dalam perekonomian Indonesia. Diagram ini menunjukkan arus melingkar; membentuk sistem tertentu; serta menggambarkan posisi uang, faktor produksi(pasar input), dan posisi barang dan/atau jasa (pasar output) di suatu negara.

a. Circular Flow Diagram Perekonomian Dua Sektor
Diagram arus perekonomian dua sektor menggambarkan interaksi dua pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen (RTK) dan rumah tangga produsen (RTP). Rumah tangga konsumen menyerahkan faktor-faktor produksi kepada rumah tangga produsen. Faktor produksi digunakan rumah tangga produsen untuk melakukan proses produksi.

b. Circular Flow Diagram Perekonomian tiga sektor
Perekonomian tiga sektor menggambarkan interaksi antara rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen dan pemerintah. Dalam perekonomian, pemerintah menyediakan barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah juga menerima pembayaran pajak dari rumah tangga produsen atas penyediaan fasilitas publik.

c. Circular Flow Diagram Perekonomian Empat Sektor
Perekonomian empat sektor menggambarkan interaksi antara pelaku ekonomi dalam negeri dan masyarakat luar negeri. Pelaku ekonomi dalam negeri dan pelaku ekonomi luar negeri terdiri atas rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, serta pemerintah. Interaksi pada pasar barang (output) diwujudkan dengan kegiatan ekspor dan impor. Contoh interaksi pada pasar input adalah kegiatan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) dan pengiriman bahan baku produksi


Contoh Soal dan Pembahasan Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen  dalam Aliran Pendapatan

1. Bu Susi memiliki usaha catering. Usahanya terus berkembang yang dibuktikan dengan banyaknya pesanan. Untuk memenuhi pesanan, Bu Susi membutuhkan banyak tenaga kerja sebagai juru masak.

Cara tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah….
A.  mencari tenaga kerja siap pakai di sekitar tempat usaha
B. memasang iklan lowongan kerja di media cetak untuk posisi juru masak
C. mengurangi jumlah pesanan agar kapasitas produksi sesuai pesanan
D. tidak menerima pesanan lagi jika tenaga kerja tidak mampu bekerja lembur
E. Bu Susi merangkap menjadi tenaga kerja sementara dan pemimpin usaha
Jawaban : A

2. Perbedaan pendekatan kardinal dengan pendekatan ordinal adalah….
A. pendekatan kardinal dapat diukur secara kualitatif, sedangkan pendekatan ordinal diukur secara kuantitatif
B. pendekatan kardinal menggunakan alat analisis marginal utility, sedangkan pendekatan ordinal menggunakan indifference curve
C. menurut pendekatan kardinal barang berguna sesuai daftar urutan, sedangkan menurut pendekatan ordinal semakin berguna suatu barang akan semakin diminati
D. pendekatan kardinal memuat prioritas barang yang akan dikonsumsi, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan dalam mengonsumsi sejumlah uang
E. nilai kepuasan dalam pendekatan kardinal dinyatakan dengan angka, sedangkan pendekatan ordinal dinyatakan dengan kepuasan marginal
Jawaban : B

0 Response to "Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen dalam Aliran Pendapatan (Circular Flow Diagram)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel