Latihan Soal UNBK Sosiologi SMA Tahun 2019 Aqqae.com

1. Latihan Soal Sosiologi : Konsep dan Objek Kajian Sosiologi

Sosiologi mempunyai empat ciri ilmu, salah satunya adalah ilmu sosiologi selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan. Ciri sosiologi tersebut dikenal dengan istilah ….

A. teoritis
B. empiris
C. kumulatif
D. non etis
E. khayalan
Jawaban: A
Pembahasan:
Sosiologi mempunyai empat ciri ilmu, antara lain:
Empiris, yaitu didasarkan pada observasi (pengamatan) yang hasilnya tidak bersifat spekulasi (menduga-duga).
Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
Kumulatif, yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.
Non etis, yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.
Sedangkan khayalan bukan merupakan ciri-ciri ilmu sosiologi.

2. Latihan Soal Sosiologi : Konsep dan Objek Kajian Sosiologi

Objek sosiologi yang menjelaskan tentang gejala-gejala kehidupan sosial dan proses hubungan antar manusia yang mempengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri merupakan objek sosiologi ….
A. material
B. formal
C. primer
D. sekunder
E. campuran
Jawaban: A
Pembahasan :
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek:
Objek Material: ialah objek yang menjelaskan tentang segala yang dapat mempengaruhi kesatuan hidup manusia. Objek ini bersifat nyata dan dapat digambarkan secara detail di dalam fenomena sosial.
Objek Formal: Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
Objek Budaya: Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
Objek Agama: Pengaruh dari objek agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.

3. Latihan Soal Sosiologi : Konsep dan Objek Kajian Sosiologi

Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan suatu program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Maka fungsi sosiologi adalah….
A. pembangunan dan analisis
B. pembangunan dan penelitian
C. penelitian dan kontrol sosial
D. penelitian dan analisis
E. pembangunan dan kontrol sosial
Jawaban: B
Pembahasan:
Sosiologi merupakan ilmu terapan yang bisa digunakan di berbagai bidang kehidupan seperti ekonomi, psikologi, budaya bahkan untuk pembangunan. Manfaat sosiologi dalam pembangunan, sosiologi berupaya memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembangunan yang berasal dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian juga dilakukan untuk memberikan suatu perencanaan atau pemecahan masalah yang komprehensif sesuai dengan target yang ingin dicapai.

4. Latihan Soal Sosiologi : Konsep dan Objek Kajian Sosiologi

Seorang pemimpin upacara bendera menyiapkan peserta upacara setelah diberi instruksi oleh pembina upacara. Dari contoh di atas interaksi terjadi karena memenuhi syarat ….
A. para peserta upacara saling mengenal
B. kontak dan pertemuan
C. pengertian dan komunikasi
D. kontak dan sugesti
E. kontak dan komunikasi
Jawaban: E
Pembahasan:
Menurut Soerjono Soekanto, interaksi sosial tidak mungkin terjadi tanpa adanya dua syarat, yaitu kontak sosial dan komunikasi:
Kontak dalam pengertian sosiologi, kontak sosial tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik, sebab orang bisa melakukan kontak sosial dengan pihak lain tanpa menyentuhnya, misalnya bicara melalui telepon, radio, atau surat elektronik.
Komunikasi merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Hal terpenting dalam komunikasi yaitu adanya kegiatan saling menafsirkan perilaku (pembicaraan, gerakan-gerakan fisik, atau sikap) dan perasaan-perasaan yang disampaikan.

5. Latihan Soal Sosiologi : Kehidupan Sosial, Permasalahan dan Solusinya

Penataan perabot rumah rutin dilakukan Ibu Ami sebulan sekali. Hal ini dilakukan agar rumah terlihat lebih indah dipandang dan nyaman dihuni. Menurut Prof. Notonegoro, sikap yang ditunjukkan oleh Ibu Ami termasuk dalam jenis nilai ….
A. material
B. vital
C. estetika
D. moral
E. kebenaran
Jawaban: C
Pembahasan:
Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan yang diwujudkan melalui perilaku sosial yang dianggap baik ataupun buruk dan bersifat abstrak. Menurut Prof. Notonegoro, nilai terbagi menjadi beberapa jenis, seperti nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Kemudian, nilai kerohanian terbagi lagi menjadi beberapa, salah satunya nilai estetika atau keindahan. Nilai estetika atau keindahan merupakan nilai-nilai yang bersumber dari unsur rasa manusia. Contohmya, penataan perabot rumah yang dilakukan Ibu Amy agar rumah lebih indah dipandang dan nyaman dihuni.

0 Response to "Latihan Soal UNBK Sosiologi SMA Tahun 2019 Aqqae.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel