Materi + Soal Ekonomi SMA : Kelangkaan dan Masalah Pokok Ekonomi

Kelangkaan dan Masalah Pokok Ekonomi - Setiap manusia akan dihadapkan pada masalah kelangkaan. Masalah ini ditandai adanya kesenjangan antara jumlah kebutuhan yang beragam dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Untuk mengatasi masalah in manusia mengembangkan sistem ekonomi

1.Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas dan Kelangkaan Sumber Daya


Kebutuhan merupakan keinginan yang harus dipenuhi manusia dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup. Kebutuhan dapat digolongkan sebagai berikut
a.Menurut intensitasnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan primer, sekunder dan tersier
b.Menurut bentuk dan sifatnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan jasmani dan rohani
c.Menurut waktu pemenuhannya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan sekarang, masa depan dan tidak terduga
d.Menurut subjeknya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok atau kolektif

Dalam memenuhi kebutuhan, setiap orang hendaknya menyusun daftar prioritas kebutuhan. Kebutuhan yang dinilai penting dan  mendesak didahulukan, sedangkan kebutuhan yang kurang penting dan tidak mendesak menduduki urutan berikutnya. Dengan mempertimbangkan daftar prioritas kebutuhan, seseorang dapat memenuhi kebutuhan secara bijak sehingga mencapai kepuasan optimal.

Kenyataannya kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas, sementara alat pemuas kebutuhan bersifat terbatas. Keadaan inilah yang menggambarkan adanya kelangkaan. Kelangkaan merupakan kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Alat pemuas kebutuhan dikenal dengan istilah sumber daya ekonomi. Sumber daya ekonomi terdiri atas sumber daya alam, sumber daya manusia (tenaga kerja), modal dan kewirausahaan.

Faktor-faktor penyebab kelangkaan antara lain keadaan geografis yang tidak sama antarwilayah, pertumbuhan ekonomi yang lambat, keterbatasan kemampuan produksi, perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta bencana alam. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kelangkaan antara lain memanfaatkan sumber daya dengan bijak, membuat daftar prioritas kebutuhan, menemukan sumber daya alternatif, dan mengelola keuangan secara efisien.

2.Masalah Pokok Ekonomi Modern

Pada tahun 1870 muncul teori ekonomi klasik yanng dikembangkan oleh Adam Smith. Kaum ekonom klasik menyatakan bahwa masalah ekonomi terdiri atas proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Selanjutnya, berkembang teori ekonom modern yang telah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menerapkan teori ekonom modern, manusia dihadapkan pada masalah pokok ekonom modern yang diperinci dengan pertanyaan berikut:

a.Barang Apa (What) yang akan Diproduksi?

Pertanyaan what berkaitan dengan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi oleh produsen atau perusahaan. Penentuan jenis dan jumlah barang disesuaikan kebutuhan masyarakat. Jenis barang dan jumlah barang apa yang akan diproduksi? Pertanyaan itulah yang harus dipecahkan produsen atau perusahaan sebelum memproduksi suatu barang

b.Bagaimana ( How) Barang Diproduksi?

Pertanyaan how berkaitan dengan teknik produksi yang akan diterapkan produsen dalam proses produksi. Tujuannya untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas barang yang akan diproduksi secara efisien. Apakah produsen menerapkan teknik produksi padat karya atau padat modal? Penentuan teknik produksi ini juga harus dipecahkan produsen sebelum proses produksi.

c.Untuk Siapa ( For Whom) Barang Diproduksi?

Masalah ekonomi for whom timbul setelah produsen menentukan jenis barang, jumlah barang dan teknik produksi yang akan digunakan dalam proses produksi. Untuk menentukan segmen pasar, produsen dapat memerinci dengan pertanyaan for whom. Pertanyaan ini juga berkaitan dengan upaya produsen dalam mewujudkan keadilan dan pemerataan distribusi barang.

Contoh Soal Kelangkaan dan Masalah Pokok Ekonomi

1. Perhatikan pernyataan mengenai kelangkaan berikut!
1) Masyarakat di daerah dataran tinggi kekurangan air bersih karena musim kemarau
2) Permintaan terhadap perumahan yang tinggi mengakibatkan alih fungsi lahan hijau
3) Kebakaran hutan menyebabkan kerusakan lahan yang dapat menimbulkan erosi

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah kelangkaan tersebut adalah….
A.masyarakat melakukan penghijauan di setiap daerah agar tidak terjadi bencana
B.masyarakat menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya secara bijak
C.pemerintah menggalakkan transmigrasi ke daerah yang jarang penduduk
D.pemerintah mengambil alih sektor pertanian dan kehutanan
E.pemerintah melarang alih fungsi lahan menjadi pemukiman penduduk
Jawaban : B

2. Pak Ramli seorang perajin hasil olahan kulit sapi. Pak Ramli berinovasi mengenai cara mengolah kulit sapi. Dengan inovasi, Pak Ramli mampu memproduksi hasil olahan kulit sapi lebih banyak dan efisien. Kegiatan yang dilakukan oleh Pak Ramli telah memecahkan masalah ekonom modern yaitu…
A.barang apa yang akan diproduksi?
B.untuk siapa barang diproduksi?
C.bagaimana barang diproduksi?
D.oleh siapa barang diproduksi?
E.di mana barang diproduksi?
Jawaban : C

0 Response to "Materi + Soal Ekonomi SMA : Kelangkaan dan Masalah Pokok Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel