Soal Menentukan Makna Rujukan UNBK SMA

Pengertian Rujukan kata

Rujukan kata adalah suatu kata merujuk kata lain yang memperlihatkan keterikatannya. Beberapa kata yang sering digunakan dalam merujuk kata, di antaranya ini, itu,tersebut, dan tadi. Unsur kata ini, itu, tersebut dan tadi disebut kata ganti penunjuk (pronomina). Pronomina penunjuk berfungsi untuk menunjuk sesuatu yang ada sebelum atau sesudah nomina. 

Pronomina ini mengacu pada acuan yang dekat dengan pembicara, ke masa yang akan datang, atau ke informasi yang disampaikan. 

Pronomina itu mengacu pada acuan yang agak jauh dengan pembicara, ke masa lampau, atau ke informasi yang jauh dari pembicaraan penulis. 

Kata tersebut berarti sudah disebutkan, sudah diceritakan atau sudah dikatakan. Kata tersebut digunakan untuk menggantikan kata, frasa atau kalimat yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi, kata tersebut mengacu kata, frasa, atau kalimat yang telah disebutkan. Kata tersebut dapat diganti kata tadi.



Contoh Soal Menentukan Makna Rujukan

1.Perhatikan paragraf berikut!
Jika dicermati, obat PCC yang tergolong obat keras seharusnya sangat sulit didapat masyarakat umum. Namun, fakta yang terjadi di lapangan, obat PCC dapat dengan mudah diperoleh masyarakat. Harga seharga Rp 20.000,00-25.000,00 per 20 biji. Harga yang dipatok murah tersebut menjadikan obat PCC dapat dibeli anak di bawah umur. Tindakan ini diterangai sengaja dilakukan oleh sindikat pengedar obat terlarang untuk menggaet pasar anak di bawah umur.

Makna kata rujukan ini yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah….
A.peredaran obat PCC
B.mematok harga murah
C.kemudahan membeli PCC
D.sindikat pengedar obat terlarang
E.harga Rp 20.000,00-25.000,00
Jawaban : A

2.Perhatikan paragraf berikut!
 Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia menyumbang 72 % dari seluruh kematian di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 37 % di antaranya akibat penyakit yang menyangkut kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah). Kardiovaskuler dari Rumah Sakit Siloam Tangerang mengungkapkan bahwa hingga saat ini penyebab utama seseorang mengidap penyakit jantung koroner belum ditemukan.

Makna kata rujukan tersebut yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah….
A.Badan Kesehatan Dunia
B.kematian di Indonesia
C.penyakit kadiovaskuler
D.penyebab kematian
E.penyakit jantungn koroner
Jawaban : B

3.Perhatikan paragraf berikut!
Selama dua tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, terlihat adanya kenaikan angka penanaman modal pada sektor pariwisata. Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, investasi Indonesia di bidang pariwisata telah mencapai 850 miliar dolar. Angka yang fantastis ini berhasil dicaai karena Pemerintah Presiden Joko Widodo memberikan subsidi yang sifatnya produktif, seperti subsidi yang sifatnya produktif, seperti subsidi untuk infrastruktur, ksehatan, dan pendidikan. Secara otomatis, citra dan kredibilitas Pemerintah untuk iklim investasi bertambah baik. Peningkatan investasi di sektor pariwisata tergolong cukup signifikan, yaitu mencapai 70 % dibanding tahun sebelumnya. Kementrian Pariwisata memproyeksikan bahwa investasi di industri pariwisata bakal naik hingga 1,5 miliar dolar pada akhir tahun ini. Jika dilihat dari perhitungan World Travel and Tourism Coucil, pada setiap perjalanan wisata di Indonesia senilai 1 juta dolar akan tersedia setidaknya 200 lapangan kerja di dalam negeri.

Kata ini yang bercetak miring dalam paragraf tersebut mengacu….
A.penanaman modal
B.subsidi infrastruktur
C.perjalanan wisata
D.investasi pariwisata
E.lapangan kerja
Jawaban : D

4.Perhatikan paragraf berikut!
Pada awalnya, banyak yang meragukan pemberlakuan program amnesti pajak di Indonesia. Namun, fakta menunjukkan hasil sebaliknya. Tercatat hingga akhir periode pertama, 30 September 2016, nilai perolehan uang tebusan telah mencapai hampir Rp100 triliun. Perolehan nilai lebih dari sepuluh target yang ditetapkan dalam APBN-P 2016 sebesar Rp165 triliun. Perolehan harta keseluruhan mencapai Rp3.621 triliun, termasuk diantaranya dana repatriasi. Jelas, berakhirnya periode pertama program itu telah memberi bukti nyata banyak kalangan. Pasalnya, program amnesti pajak yang semula di duga hanya akan menghasilkan dana maksimal Rp60 triliun hingga saat itu telah mencapai hasil hampir dua kali lipatnya.

Kata itu yang bercetak miring dalam paragraf tersebut mengacu….
A.APBN-P
B.uang tebusan
C.dana repatriasi
D.amnesti pajak
E.perolehan pajak
Jawaban : D

0 Response to "Soal Menentukan Makna Rujukan UNBK SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel