Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan - Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara yang kemudian menyebar ke berbagai negara. Jahe terkenal sebagai obat, bahan masakan sekaligus minuman penghangat tubuh. Ternyata jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang dapat menghangatkan tubuh saja, melainkan memiliki manfaat kesehatan yang begitu banyak. Tak heran jika jahe dijadikan sebagai bahan pengobatan alternatif.



Lalu apa sajakah manfaat yang bisa anda peroleh dari mengonsumsi jahe. Berikut beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh.

1. Meredakan batuk
Manfaat jahe untuk masalah kesehatan yang satu ini mungkin sudah banyak dikenal banyak orang. Ya, jahe memang merupakan obat yang dapat menyembuhkan batuk. Jahe mengandung gingerol yang dapat meredakan batuk. Jahe memiliki rasa yang hangat sehingga dapat melegakan batuk yang sedang dialami.

2. Detoksifikasi
Jahe dapat membantu proses detoksifikasi, jahe dapat memicu keluarnya keringat yang bermanfaat terutama jika anda sedang demam atau flu. Tidak hanya untuk proses detoksifikasi, keluarnya keringat juga dapat melindungi anda dari mikroorganisme yang menyebabkan infeksi kulit.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Dari generasi ke generasi jahe dikenal sebagai obat yang mampu melancarkan pencernaan. Sebab, jahe mengandung phenolic yang membantu meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah terjadinya kontraksi perut, membantu pergerakan makanan dan minuman selama dalam proses pencernaan serta menstimulasi produksi air liur. Jahe dapat mengatasi masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia. Jahe juga dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan.

4. Melawan peradangan rematik dan osteoarthis.
Rematik umumnya menyerang orang yang sudah  lanjut usia, tapi bukan berarti tidak bisa menyerang anak muda. Rematik juga dapat dialami oleh orang yang belum tua sekalipun. Anda bisa melawan peradangan rematik dan nyeri sendi osteoarhritis dengan meminum jahe. Sebab, jahe mengandung komponen seperti gingerol, zingeron, dan gingerdione yang dapat menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Anda bisa meminum air jahe secara rutin.

5. Mengurangi rasa nyeri
Jahe mengandung gingerol dan fenol yang dapat meredakan rasa sakit. Beberapa rasa sakit dan nyeri yang bisa diatasi dengan jahe seperti, kram perut saat menstruasi, gejala iritasi lambung hingga nyeri otot. Sebuah penelitian di University of Miami menyatakan bahwa jahe sangat baik juga untuk meredakan sakit nyeri pada lutut.

6. Mencegah kanker
Kanker merupakan penyakit yang ditakuti semua orang. Kanker merupakan jenis penyakit mematikan yang jika dibiarkan terus-menerus tanpa diobati maka akan membunuh si penderita. Ternyata, jahe dapat mencegah kanker, lho. Jahe mengandung antioksidan yang dapat mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh. Atioksidan dalam jahe ini juga dapat membantu menguatkan tubuh dan menangkal radikal bebas. Beberapa sel kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi jahe seperti kanker usus, kanker kulit, kanker pankreas, kanker ginjal serta kanker paru-paru.

7. Menyehatkan kulit
Manfaat lain jahe adalah menyehatkan kulit, salah satunya adalah dapat mencegah selulit. Jahe dapat meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan selulit. Anda bisa menjadikan jahe sebagai scrub dan dicampurkan dengan beberapa bahan seperti minyak zaitun dan perasan jeruk nipis.

8. Mengurangi mual
Mual bisa disebabkan oleh badan yang kurang sehat, vertigo atau bisa juga dirasakan jika anda sedang mengalami morning sickness yaitu kondisi mual pada ibu hamil. Dengan meminum jahe anda bisa mengatasi rasa mual anda.

9. Mendukung kesehatan kardiovaskular
Siapa sangka jika jahe dapat menjaga kesehatan jantung anda. Tapi itulah faktanya, jahe mengandung gingerol yang dapat mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskuler.

10. Mengatasi sakit kepala
Kandungan dalam jahe ternyata mampu membantu melancarkan aliran darah ke otak. Sebab, jika aliran darah menuju ke otak lancar maka akan  membantu mencegah rasa pusing dan sakit kepala. Beberapa jenis sakit kepala yang bisa diobati dengan mengonsumsi jahe seperti migran atau bahkan vertigo.

Begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi jahe. Tak ada salahnya untuk mencoba pengobatan herbal bukan? Daripada mengonsumsi obat berbahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

1 Response to "Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui"

  1. permisi min numpang share ya :)
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel