Loading...

Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013

Melanjutkan postingan soal essay Prakarya dan KWU kelas 10 semester genap bagian diambil dari soal-soal tentang rekayasa produk grafika (Bab2) dengan dimulai dari pertanyaan nomor 91 berikut ini.


91. Bagaimanakah prinsip kerja pemuatan teknik cetak rotogravure?
Jawaban: perbedaan yang menonjol dalam teknik cetak dalam atau cetak rotogravure ini adalah acuannya yang berbeda bentuk dan bahan pembuatan acuannya yang tergolong rumit, pada teknik cetak ini, prinsip yang digunakan adalah BM (Bagian Mencetak) kedudukannya lebih rendah ketimbang BTM (Bagian Tidak Mencetak), jadi tinta akan masuk ke dalam celah-celah acuan, lalu untuk meratakan bagian yang tidak mencetak agar tidak terdapat tinta.
Acuan rotogravure biasanya terbuat dari timah/tembaga, hal itulah yang membuat teknik cetak rotogravure jarang digunakan, sekalipun digunakan hanya untuk mencetak cetakan yang tergolong security printing (contohnya uang, cek, materai, dll).

92. …….digunakan untuk menorehkan tinta sablon yang ada di screen supaya tercipta gambar di objek sablon.
Jawaban: rakel

93. Mesin cetak yang menggunakan kertas lembaran.
Jawaban: mesin cetak lembaran

94. Mengapa cetak offset sering disebut juga dengan teknik cetak kimia?
Jawaban: cetak offset disebut juga chemical printing techinique atau teknik cetak kimia, karena dalam prosesnya cetak offset memanfaatkan sifat tolak-menolak antara air dan minyak. Air yang dimaksud adalah air pembasah yang digunakan dalam cetak offset, dan minyak dianalogikan sebagai tinta yang digunakan dalam proses cetak. Bagian image area pada pelat cetak offset terbuat dari lapisan oleophylic yang bersifat menolak air dan menerima tinta. Sebaliknya bagian non image area terbuat dari lapisan hidrophylic yang menerima air dan akan menolak tinta.

95. Alat yang digunakan untuk meletakkan objek sablonan
Jawaban: meja sablon

96. Terangkan secara rinci prinsip kerja cetak dasar!
Jawaban: ceak dasar adalah teknik cetak dimana BTM (Bagian tidak mencetak) memiliki tinggi yang sama dengan BM (Bagian Mencetak). Prinsip kerja teknik cetak  ini adalah dimana menggunakan acuan berupa pelat yang sudah terdapat bagian BM dan BTM, selanjutnya bagian BTM akan menarik air (tujuan BTM menarik air agar tinta tidak mengenai BTM, karena jika tinta menyinggung bagian BTM yang terjadi adalah hasil akhir tidak akan menampilkan image/gambar sesuai dengan pelatnya – blank (hitam semua)). Tinta yang sudah mengenai pelat selanjutnya akan diteransfer terlebih dahulu, dan hal itu juga yang menyebabkan image/gambar yang ada di pelat terbaca – tidak terbalik), setelah mengenali blangked, selanjutnya ditransfer ke permukaan cetak (kertas), pemindahan tinta dari silinder blangked ke permukaan cetak dibantu oleh silinder tekan (immpressi) bertujuan agar tinta yang dialihkan benar-benar tertransfer dengan baik.

97. Mesin cetak yang menggunakan kertas roll/gulung adalah….
Jawaban: mesin cetak gulungan (web fed)

98. Jelaskan proses yang benar dalam pembuatan litografi!
Jawaban: litografi pada teknik cetak ini, prinsipnya adalah BM (bagian mencetak) lebih tinggi dibanding dengan BTM (Bagian Tidak Mencetak), jadi dengan mudah bagian yang mencetak mengambil tinta lalu dialihkan ke permukaan cetak, teknik ini disebut dengan teknik cetak langsung, karena tinta langsung dialihkan dari bagian mencetak ke permukaan cetak, hal itu menyebabkan acuannya tidak terbaca (terbalik).

99. Terangkan tentang bahan yang dicetak dalam cetak flexsografi!
Jawaban: teknik cetak flexsografi biasa digunakan dipabrik-pabrik kemasan, karena bahan-bahan yang dicatak juga biasanya digunakan pada pabrik-pabrik (contohnya kardus, plastik, karet, mika, kaca, dll).

100. Kain yang berfungsi sebagai sarana untuk membentuk gambar di atas benda-benda yang akan disablon adalah….
Jawaban: screen

0 Response to "Contoh Soal Essay Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...