Loading...

10 Soal tentang mitigasi dan adaptasi penanggulangan bencana alam

Berikut dibawah ini, soal essay geografi kelas xi semester genap k13 edisi revisi dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal tentang mitigasi dan adaptasi penanggulangan bencana alam.



1. Sebutkan tujuan utama mitigasi bencana alam!
Jawaban:
a. mengurangi resiko bencana bagi penduduk dalam bentuk korban jiwa, kerugian ekonomi dan kerusakan sumber daya alam.
b. menjadi landasan perencanaan pembangunan
c. meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menghadapi serta mengurangi dampak dan resiko bencana sehingga masyarakat dapat hidup aman

2. Jelaskan proses dalam fase siklus manajemen bencana!
Jawaban: siklus manajemen bencana terdiri dari empat fase. Tiap fase tersebut saling melengkapi dan tumpang tindih. Keempat fase tersebut adalah:
a. Mitigasi
Merupakan upaya meminimalkan dampak bencana. Fase ini umumnya terjadi bersamaan dengan fase pemulihan dari bencana sebelumnya. Seluruh kegiatan pada fase mitigasi ditujukan agar dampak dari bencana yang serupa tidak terulang.
b. Kesiapsiagaan
Merupakan perencanaan terhadap cara merespons kejadian bencana. Dalam fase ini perencanaan yang dibuat oleh lembaga penanggulangan bencana tidak hanya berkisar pada bencana yang pernah terjadi pada masa lalu, tetapi juga untuk berbagai jenis bencana lain yang mungkin terjadi.
c. Respon
Merupakan upaya meminimalkan bahaya yang diakibatkan oleh terjadinya bencana. Fase ini berlangsung sesaat setelah terjadi bencana dan dimulai dengan mengumumkan kejadian bencana serta mengungsikan masyarakat.
d. Pemulihan

Merupakan upaya pengembalian kondisi masyarakat sehingga menjadi seperti semula. Pada fase ini pekerjaan utama yang dilakukan masyarakat dan petugas adalah menyediakan tempat tinggal sementara bagi korban bencana dan membangun kembali sarana dan prasarana yang rusak. Selama masa pemulihan ini, dilakukan pula evakuasi terhadap langkah-langkah penanganan bencana yang telah dilakukan.

3. Berilah contoh bencana gempa bumi yang terjadi di Indonesia!
Jawaban: gempa Padang, Sumatera Barat (2009), gempa pulau Nias, Sumatera Utara (2005), Gempa Pulau Bali (1917), Gempa pulau Donggala, Sulawesi Tengah (2018), Gempa Jogjakarta, Jawa Tengah (2006), Gempa Aceh (2004).

4. Jelaskan yang dimaksud mitigasi?
Jawaban: dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, mitigasi didefinisikan sebagai serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

5. Jelaskan tugas dari PVMBG!
Jawaban: melaksanakan penelitian, penyelidikan, perekayasaan dan pelayanan di bidang vulkanologi dan mitigasi bencana geologi.

6. Jelaskan pengertian bencana alam?
Jawaban: peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan menggangu kehidupan serta penghidupan orang-orang yang diakibatkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga menyebabkan munculnya korban jiwa, rusaknya lingkungan, kerugian harta benda serta efek psikologis.

7. Bagaimanakah tanda-tanda gunung akan meletus?
Jawaban: gunung berapi yang akan meletus dapat diketahui melalui beberapa tanda, antara lain:
a. suhu di sekitar gunung naik
b. mata air menjadi kering
c. sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang disertai getaran (gempa)
d. tumbuhan di sekitar gunung layu
e. binatang di sekitar gunung bermigrasi

8. Apakah yang dimaksud gempa bumi tektonik?
Jawaban: gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi.

9. Jelaskan yang dimaksud tornado?
Jawaban: Tornado merupakan pusaran udara yang bergerak cepat dan berbentuk corong spiral

10. Pernakah wilayah Indonesia mengalami tsunami? Kapan?
Jawaban: pernah, diantaranya tsunami pernah terjadi
a. Tsunami Sulteng, 1968
b. Tsunami Sumba, 1977
c. Tsunami Flores, Nusa Tenggara Timur, 1992
d. Tsunami Banyuwangi, Jawa Timur, 1994
e. Tsunami kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah, 2000
f. Tsunami Aceh, 2004
g. Tsunami Pangandaran, 2006
h. Tsunami Palu, 2018

0 Response to "10 Soal tentang mitigasi dan adaptasi penanggulangan bencana alam "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...