Loading...

Soal Essay Biologi "Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Sistem Respirasi"

Soal Essay Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban berisikan soal essai biologi semester genap kelas 11 dengan materi "Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Sistem Respirasi", seperti soal tentang  Mekanisme Pernapasan pada manusia dan hewan (burung dan serangga) serta soal kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan (Bab 1).




Pengertian respirasi (pernafasan) adalah proses pengambilan gas oksigen dari lingkungan dan pengeluaran karbon dioksida dari dalam tubuh makhluk hidup. Bernafas merupakan salah satu ciri utama makhluk hidup. Proses pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida berlangsung secara difusi. Oksigen akan menuju semua sel dalam semua jaringan melalui alat-alat pernafasan.

Berikut ini penjelasan daftar nama alat pernafasan beserta fungsinya.
1. Rongga mulut
Di dalam rongga mulut terdapat selaput lendir dan rambut yang berfungsi untuk menahan kontaminasi benda-benda asing, misalnya debu dan kuman, yang ikut masuk ke dalam rongga hidung. Selain itu, rongga mulut manusia juga memiliki konka yang mengandung banyak kapiler darah sehingga dapat menghangatkan udara yang akan masuk ke dalam sistem pernapasan.
Gambar rongga mulut manusia
2. Pangkal tenggorokan (Faring)
Faring merupakan pertemuan antara saluran pernafasan (nasofarings) di bagian depan dan saluran pencernaan (orofarings) di bagian belakang. Saluran nafas akan terbuka ketika manusia berbicara, oleh karena itu jika kita makan sambil berbicara mungkinkan makanan masuk ke dalam saluran pernafasan.
Jika makanan masuk ke dalam saluran pernafasan, biasanya saluran pernafasan akan terangsang dan berusaha mengeluarkan makanan tersebut lewat hidung. Bentuknya adalah peristiwa tersedak. Pada bagian belakang farings terdapat laring (tekak). Pada laring terdapat pita suara (pita vocalis). Bila pita suara bergetar karena masuknya udara pada faring, maka akan menimbulkan suara.
saluran pernapasan gambar trakea faring, bronkus
3. Batang tenggorokan (trakea)
Batang tenggorokan berupa cincin-cincin tulang rawan yang memiliki silia-silia pada dinding di dalamnya. Silia-silia ini berfungsi untuk menyaring benda-benda asing yang ikut masuk ke dalam saluran pernafasan. Sebagian trakea terletak di leher dan sebagian lagi terletak di rongga dada. Batang tenggorokan pada orang dewasa memiliki panjang sekitar 10 cm.
4. Bronkus
Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Trakea bercabang lagi menjadi dua, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. Struktur lapisan mukosa bronkus hampir sama dengan trakea. Bronkus kanan dan bronkus kiri masing-masing bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus yang merupakan salah satu bagian paru-paru.
5. Paru-paru (Pulmo)
Paru-paru terletak di dalam rongga dada, di bagian bawah berbatasan dengan diafragma, sedangkan di depan dan di samping dibatasi oleh tulang rusuk. Diafragma adalah pembatas antara rongga perut dengan rongga dada. Paru-paru kanan (pulmo dekster) terdiri dari 3 lobus. Sedangkan paru-paru kiri (pulmo sinester) terdiri dari 2 lobus.
struktur paru paru bagus gambar
Paru-paru manusia terbungkus oleh dua selaput, yaitu pleura dalam (pleura visceralis) dan pleura luar (pleura parietalis). Pleura dalam langsung menyelimuti paru-paru, sedangkan pleura luar bersebelahan dengan tulang rusuk. Antara kedua pleura tersebut terdapat rongga tulang rusuk. Antara kedua pleura tersebut terdapat rongga yang berisi cairan pleura yang berfungsi sebagai pelumas paru-paru.
Paru-paru tersusun atas bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Alveolus adalah kantung udara yang terdapat pada ujung-ujung bronkiolus. Alveolus memiliki selaput tipis dan pada permukaannya banyak terdapat muara kapiler darah, oleh karena itu dapat berlangsung pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida secara difusi.


Berikut dibawah ini, soal essay biologi kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban untuk siswa SMA/MA.

1. Jelaskan yang dimaksud sistem respirasi !
Jawaban: Sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

2. Jelaskan mekanisme sistem pernapasan pada manusia!
Jawaban: Hidung, faring, laring, trakea, bronkus pulmo alveolus sel-sel tubuh.

3. Sebutkan alat-alat pernapasan pada manusia!
Jawaban: Hidung, faring, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, paru-paru, alveolus.

4. Apa kegunaan pundi-pundi udara pada burung?
Jawaban: Membantu proses pernafasan burung ketika terbang.

5. Apa nama alat pernapasan pada hewan serangga?
Jawaban: Trakea.

6. Jelaskan seseorang terkena penyakit bronchitis!
Jawaban: Bronchitis adalah peradangan pada selaput lender bronkus, saluran udara yang membawa aliran udara dari trakea ke dalam paru-paru.

7. Sebutkan gejala-gejala seseorang terkena emfisema!
Jawaban:
Gejala emfisema:
a. sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega yang biasa digunakan penderita sesak  napas.
b. nafsu makan yang menurun dan berat badan yang menurun juga biasa dialami penderita emfisema.

8. Bagaimana cara mencegah tertular penyakit TBC?
Jawaban:
Cara mencegah tertularnya penyakit TBC adalah sebagai berikut:
a. selalu berusaha mengurangi kontak  dengan penderita TBC paru aktif
b. selalu menjaga standar hidup yang baik, caranya bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi. Menjaga lingkungan selalu sehat baik itu di rumah maupun di tempat  kerja (kantor), dan menjaga kebugaran tubuh dengan cara menyempatkan dan meluangkan waktu untuk berolah raga.
c. pemberian vaksin BCG, tujuannya untuk mencegah terjadinya kasus infeksi TBC yang lebih berat vaksin BCG secara rutin diberikan kepada semua balita.
9. Berilah contoh pola hidup yang menyebabkan mudah terjangkitnya penyakit saluran pernapasan!
Jawaban:  Suka merokok, kurang istirahat.

10. Jelaskan mengenai penyakit faringitis!
Jawaban:
Faringitis adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau faring kadang juga disebut sebagai radang tenggorokan.

Soal Essay Biologi "Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Sistem Respirasi" Cun torio.com

0 Response to "Soal Essay Biologi "Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Sistem Respirasi""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...