Soal Essay Ekonomi "Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi"

Berisikan soal ekonomi tentang Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi, Contoh Soal Essay Ekonomi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban.



Berikut, soal dan jawabanya:


1. Jelaskan fungsi distribution pajak!
Jawaban:
Pajak mempunyai fungsi pemerataan artinya dapat digunakan untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan antar pembagian pendapatan dengan kesejahteraan masyarakat. dengan kata lain, pajak berfungsi untuk pemerataan pendapatan masyarakat. sebagaimana yang tercantum dalam Triologi Pembangunan dan Delapan Jalur Pemerataan.

2. Gaji karyawan dipotong perusahaan untuk membayar PPh karyawan tersebut. pernyataan tersebut termasuk sistem pemungutan pajak yaitu ….
Jawaban:
With holding system

3. Berdasarkan subjek pajak (siapa yang harus bayar pajak), pajak dapat dibedakan menjadi dua, yaitu …. Dan ….
Jawaban:
Pajak Perorangan dan Pajak Badan

4. Kelebihan stelsel  anggapan yaitu ….
Jawaban:
Uang hasil pajak segera dapat masuk ke dalam kas negara.

5. Pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah, baik pemerintah daerah tingkat I (provinsi) maupun pemerintah daerah tingkat II (kabupaten atau kota) disebut ….
Jawaban:
Pajak Daerah

6. Tarif pajak yang tetap untuk setiap dasar pengenaan pajak atau besarnya pajak yang dibayarkan jumlahnya tetap disebut ….
Jawaban:
Tarif pajak konstan

7. Jelaskan yang dimaksud dengan semi-self assessment system!
Jawaban:
Semi-self assessment system yaitu sistem yang menyatakan bahwa besar pajak terutang ditentukan wajib pajak dan aparatur pajak, selanjutnya pajak yang telah dihitung dibayar oleh wajib pajak.

8. Jelaskan yang dimaksud dengan pajak pusat! Dan berikan contohnya!
Jawaban:
Pajak pusat yaitu pajak yang dipungut oleh pemerintahan pusat. Contoh: Pajak Penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah, pajak bumi dan bangunan, bea perolehan ha katas tanah dan bangunan dan bea materai.

9. Pada tahun 2012 Pak Ali mempunyai penghasilan kena pajak per tahun Rp 255.000.000,00. Hitunglah PPh terutang Pak Ali!
Jawaban:


Jadi PPh terutang Bapak Ali adalah Rp 33.750.000,00

10. Apa yang dimaksud dengan pajak terutang?
Jawaban:
Pajak terutang adalah pajak yang harus dibayar pada suatu saat , dalam masa pajak, dalam tahun pajak atau dalam bagian tahun pajak menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Soal Essay Ekonomi "Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi" Cuntorio.com

0 Response to "Soal Essay Ekonomi "Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel