Loading...

Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 "Budidaya"

Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban - Soal latihan essai prakarya dan kewirausahaan (KWU) kelas 11 semester genap. Bab 3, yaitu soal tentang budidaya, meliputi soal tentang produk pembenihan ikan hias, ikan cupang, pengemasan dan transportasi ikan hias, perawatan serta wirausaha.




Pengertian Budidaya
Budidaya adalah suatu kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk dapat diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budi daya tersebut dapat dianggap ialah sebagai inti dari usaha tani. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, budi daya ialah “usaha yg bermanfaat serta juga memberi hasil.


Kompetensi Inti : 

  1. Memahami perencanaan usaha budidaya pembenihan ikan konsumsi meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
  2. Menganalisis perencanaan usaha budidaya pembenihan ikan hias meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran


Berikut ini daftar ulangan essay dan jawabanya.

1. Apakah manfaat dari ikan hias?
Jawaban: salah satu manfaat memelihara kolam ikan hias dirasakan setelah menjalani rutinitas kerja atau aktivitas yang menguras tenaga serta fikiran. Banyak para pemelihara ikan hias merasakan, stress menjadi berkurang setelah memandang kecantikan ikan-ikan itu di kolam atau akuarium. Cukup meluangkan waktu beberapa menit, untuk duduk di depan kolam, rasa stress dan lelah akan segera hilang.

2. Berikan beberapa contoh ikan hias!
Jawaban: contoh ikan hias antara lain: ikan cupang, ikan arwana, ikan koi, ikan mas koki, ikan guppy, ikan louhan, dan lain-lain.

3. Jelaskan yang anda ketahui mengenai ikan arwana!
Jawaban: nama latin ikan arwana adalah Scleropages sp. Arwana merupakan salah satu ikan endemik Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Dahulu, ikan arwana didapat dari perburuan di alam bebas. Namun saat ini sudah bisa dibudidayakan. Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berharga tinggi. Harga per ekornya mencapai jutaan rupiah, terutama untuk jenis-jenis tertentu. Sentra produksi ikan arwana ada di Kalimantan dan Sumatera.

4. Dimanakah ikan louhan pertama kali dikembangkan? Dan mengapa banyak orang yang menyukai ikan louhan?
Jawaban: Louhan pertama kali dikembangkan di Malaysia. Banyak orang menyukai ikan ini karena warna sisik dan benjolan di kepalanya.

5. Jelaskan yang dimaksud dengan ikan hias!
Jawaban: ikan hias adalah ikan yang tidak biasa dikonsumsi oleh manusia karena beberapa hal diantaranya ikan tersebut merupakan ikan hias atau ikan yang memiliki zat/kandungan yang beracun dalam tubuhnya.

6. Bagaimanakah lahan yang diperlukan untuk pembudidayaan atau mengembangkan ikan cupang?
Jawaban: pembudidayaan atau mengembangkan ikan cupang hias tidaklah memerlukan lahan yang luas, cukup menyediakan areal sekitar 5 meter persegi. Ada juga yang membudidayakan ikan cupang dilakukan di atas dak rumah dan dipekarangan yang relative sempit, dengan menggunakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium.

7. Apa sajakah alat pendukung pembenihan ikan cupang?
Jawaban: pada umumnya wadah pemeliharannya adalah bak semen atau akuarium yang ukurannya tidak perlu besar yaitu cukup 1x2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, sedang wadah perkawinanya lebih kecil dari dari wadah pembesaran, yang biasa digunakan antara lain: baskom, akuarium kecul, atau ember dapat dipakai untuk memijahkan ikan.

8. Bagaimanakah cara memilih bibit ikan cupang?
Jawaban: untuk mendapat hasil yang optimal baik jumlah maupun mutunya, pilih bibit ikan yang berkualitas. Secara umum bibit yang baik adalah dari keturunan unggul dan dalam kondisi bugar. Pastikan bibit yang akan digunakan sudah masuk dalam fase siap untuk dikawinkan.

9. Sebutkan ciri-ciri ikan cupang betina yang siap memijah!Jawaban: ciri-ciri ikan cupang yang siap memijah:
a. Berumur setidaknya 3-4 bulan
b. Bentuk badan membulat menandakan bagian perut sedikit buncit
c. Siripnya pendek dan warnanya kusam tidak menarik
d. Gerakannya lambat

10. Apakah pakan yang biasa diberikan ada ikan cupang?
Jawaban: pakan favorit yang biasa diberikan pada ikan cupang adalah kutu air (daphnia danmoina) dan larva nyamuk. Beberapa ada yang memberikan cacing sutera atau cacing rambut.

11. Berapa lama pembudidayakan ikan cupang siap dipanen?
Jawaban: 2-3 bulan.

12. Jelaskan keuntungan membudidayakan ikan hias!
Jawaban: menyalurkan hobi, mendapatkan keuntungan ekonomis.

13. Jelaskan yang anda ketahui mengenai ikan mas koki!
Jawaban: ikan mas koki (Carrasius auratus) masih satu keluarga dengan ikan mas. Pertama kali dikenal sebagai ikan hias di Cina. Namun yang mempopulerka ikan koki adalah bangsa Jepang. Dari negeri ini, ikan koki menjadi semakin variatif dengan berbagai warna dan bentuknya. Ikan mas koki sudah lama masuk ke Indonesia dan dibudidayakan meluas. Sentra produksi mas koki terbesar ada di Tulungagung, Jawa Timur. Kota ini memproduksi lebih dari 55 juta ekor ikan koki setiap tahunnya. Sebagian besar ditujukan untuk pasar domestic, sebagian lainnya untuk eskpor.

14. Jelaskan yang anda ketahui tentang ikan koi!
Jawaban: ikan koi (Cyprinus carpio L) pertama kali dipopulerkan ddi Jepang. Sekitar tahun 1820-an para penangkar ikan negeri sakura berhasil menyilangkan beberapa strain ikan mas menjadi ikan dengan warna merah dan putih yang menarik. Ikan hasil persilangan ini dikenal dengan nama koi. Kemudian tahun-tahun berikutnya berkembang ikan koi dengan berbagai varian warna menarik lainnya.
Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di kolam bukan akuarium. Karena daya Tarik koi terdapat pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas. Jenis ikan hias air tawar ini cukup mudah dikembangkan, namun sulit mendapatkan koi berkualitas.

15. Beri contoh macam-macam ikan hias yang dapat dibudidayakan!
Jawaban: ikan louhan, ikan cupang, ikan koi, ikan arwana, dan lain-lain.

Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 "Materi Budidaya". Cuntorio.com

0 Response to "Soal Essay Prakarya Kelas XI Semester 2 "Budidaya""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...