Soal PG Biologi "Struktur dan Fungsi Penyusun Organ Pada Sistem Reproduksi"

Soal PG Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban "Struktur dan Fungsi Penyusun Organ Pada Sistem Reproduksi".




Sistem Reproduksi Wanita

organ penyusun sistem reproduksi wanitaJika pada organ penyusun sistem reproduksi pria terdapat 4 inti penting, maka dalam organ penyusun sistem reproduksi wanita hanya terdapat 2 saja, yaitu ovarium dan saluran reproduksi. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.
1. Ovarium
Jika pada pria terdapat testis yang jumlahnya sepasang, maka pada wanita terdapat ovarium atau indung telur yang jumlahnya sepasang pula. Ovarium ini terletak didalam perut bawah, tepatnya pada rongga perut. Adapun fungsi dari ovarium tidak lain adalah sebagai penghasil hormon estrogen dan progesteron serta berfungsi sebagai pembentuk sel telur.
Pembentukan sel telur pada ovarium ini terjadi melalui pembentukan folikel . Jika yang memberikan tanda sekunder pada pria adalah hormon testosteron, maka pada wanita adalah hormon estrogen tersebut. Contohnya dampak dari hormon estrogen antara lain adalah perubahan volume payudara, kulit menjadi halus, panggul membesar, suara menjadi lebih cempreng dan lain sebagainya.
2. Saluran Reproduksi
Saluran reproduksi yang terdapat pada wanita terbagi atas tuba falopi, corong infundibulum, uterus dan vagina. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.
  • Tuba Falopi
Tuba falopi atau sering disebut sebagai oviduk adalah saluran telur pada wanita yang memiliki tugas sebagai tempat pertemuan antara sel sperma dan sel telur atau dapat disebut sebagai tempat pembuahan. 
  • Corong Infundibulum
Corong Infundibulum adalah lanjutan dari bagian oviduk paling pangkal, dimana corong ini merupakan bagian yang bertugas untuk menangkap sel telur yang telah direproduksi oleh ovarium.
  • Uterus
Uterus atau dinding rahim berfungsi sebagai tempat pertumbuhan janin setelah terjadi pembuahan. Dalam uterus sendiri terdapat banyak lapisan jaringan yang disebut sebagai endometrium, dimana apabila tidak terjadi pembuahan, maka lapisan tersebut akan luruh dengan sendirinya atau sering disebut sebagai menstruasi. 
  • Vagina
Vagina merupakan bagian paling ujung dari organ reproduksi pada wanita yang nantinya akan menuju ke vulva. Dimana dalam vagina ini terdapat dinding yang tebal, dimana pada bagian luarnya terdapat selaput lendir, sedangkan pada bagian tengahnya terdapat lapisan otot yang kuat dan bagian dalamnya terdapat jaringan berserat.

3. Vulva
Vulva adalah organ kelamin wanita yang letaknya paling luar. Pada vulva sendiri terdapat mons purbis yang merupakan tempat terluar dari vulva yang memiliki banyak jaringan lemak, dimana ketika masa puber nanti, wilayah ini akan ditumbuhi banyak rambut. Selain itu, dalam mons purbis terdapat beberapa lipatan seperti labium mayor, labium minor dan juga klitoris. Adapun fungsi dari labium mayor dan labium minor adalah untuk melindungi vagina. Sedangkan klitoris adalah bagian yang menonjol yang terjadi akibat gabungan dari 2 labium tersebut.
Perlu diketahui bahwa klitoris merupakan organ yang memiliki banyak pembuluh darah, dimana jika pada organ reproduksi pria disebut sebagai penis, akan tetapi klitoris ini memiliki kandungan korpus kavernosa. Dalam vulva sendiri terdapat 2 saluran, yaitu saluran vagina dan saluran uretra. Pada ujung vagina ternyata memiliki semacam selaput yang sering disebut sebagai selaput dara, dimana pada selaput inilah yang memiliki kandungan pembuluh darah yang banyak.

Sistem Reproduksi Pria

organ penyusun sistem reproduksi priaOrgan penyusun sistem reproduksi pada pria secara umum terdiri atas 4 organ penyusun inti, yaitu testis, saluran reproduksi, penis dan kelenjar. Untuk lebih jelasnya kita simak pembahasan dibawah ini.
1. Testis
Testis yang terdapat pada organ reproduksi pria berjumlah sepasang dan dapat ditemukan didalam kantong pelindung yang berlipat-lipat, dapat disebut sebagai skrotum. Skrotum yang digunakan sebagai pelindung ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa dapat mengendur dan mengkerut sesuai suhu tubuh manusia. Kantong skrotum ini dapat ditemukan dibawah rongga pelvis.
Fungsi testis adalah sebagai organ reproduksi untuk menghasilkan spermatozoa dan juga hormon testosteron. Fungsi dari spermatozoa atau sel kelamin jantan tidak lain adalah untuk membuahi sel kelamin betina dan fungsi hormon testosteron adalah untuk memberikan tanda sekunder pada pria, contohnya disini adalah suara menjadi lebih berat, dada lebih bidang, tumbuh jakun dan kumis.

2. Saluran Reproduksi
Saluran reproduksi merupakan bagian organ tubuh yang memiliki fungsi secara umum adalah sebagai alur ataupun tempat dari reproduksi tersebut. Dalam organ reproduksi pria sendiri, saluran reproduksi terdiri dari:
  • Epididimis – Epididimis memiliki tugas sebagai tempat penyimpanan sperma dan juga tempat pematangan sperma tersebut, bentuk dari saluran ini adalah berkelok-kelok.
  • Vas deferns – Vas deferns atau saluran sperma merupakan saluran yang bertugas untuk mengirim sperma ke uretra, selain itu saluran ini juga memiliki peran untuk menjadi tempat penyimpanan sperma sementara.
  • Uretra – Uretra adalah saluran setelah vas deferns yang bertugas sebagai saluran untuk mengeluarkan sperma dan menjadi saluran urine yang terhubung dari kandung kemih.

3. Kelenjar
Kelenjar yang terdapat pada sistem reproduksi pria terbagi atas 3 macam, yaitu kelenjar prostat, kelenjar bulbourethralis dan vesika seminalis. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan dibawah ini.
  • Kelenjar Prostat – Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang memproduksi cairan bening berwarna putih yang memiliki peran untuk melindungi sperma dari luar, selain itu sebagai tempat makanan untuk sperma. 
  • Kelenjar Bulbourethralis – Kelenjar ini dapat ditemukan disepanjang saluran uretra. Kelenjar bulbourethralis memiliki tugas sebagai pengekskresi cairan bening dengan cara menetralkan urine yang masih terdapat di uretra.
  • Vesika Seminalis – Kelenjar ini bertugas untuk memproduksi cairan berwarna kuning yang mengandung makanan untuk dijadikan energi bagi sperma.

4. Penis
Penis adalah alat kelamin pria yang letaknya diluar tubuh. Fungsi dari penis tidak lain adalah sebagai alat kopulasi, maksudnya adalah untuk memasukkan sperma ke saluran reproduksi wanita. Secara umum penis terbagi atas 2 bagian, yaitu kepala penis dan batang. Dalam kepala penis terdapat preputium yang merupakan kulit yang berfungsi untuk melindungi kepala penis. Kulit tersebut biasanya akan diambil ketika mereka sunat.

Berikut dibawah ini, soal pilihan ganda biologi kelas xi semester genap K13 edisi revisi dilengkapi dengan kunci jawaban,

1. Yang dimaksud dengan proses ovulasi adalah ….
a. pembuahan sel telur oleh sperma
b. pembentukan sel telur oleh folikel
c. pelepasan sel telur dari ovarium
d. pergerekan sel telur dalam saluran tuba falopi
e. implantasi zigot di dinding Rahim
Jawaban: c. pelepasan sel telur dari ovarium

2. Pematangan sel telur dalam folikel di pengaruhi oleh hormon ….
a. FSH
b. LH
c. LTH
d. esterogen
e. progresteron
Jawaban: a. FSH

3. Organ yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan janin adalah ….
a. ovarium
b. serviks
c. tuba fallopi
d. vagina
e. uterus
Jawaban: e. uterus

4. Dalam peristiwa penggabungan pronukleus jantan dan betina terjadi penggabungan inti sel telur dan inti spermatozoon yang masing-masing mengandung 23 kromosom (haploid) sehingga dihasilkan zigot yang memiliki kromosom (diploid) yang berjumlah …..a. 2
b. 44
c. 46
d. 48
e. 50
Jawaban: c. 46

5. Plasentamenyalurkan antibodi  pada manusia mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ….
a. menyalurkan antibodi dari ibu ke janin
b. melindungi janin dari penyait
c. menyalurkan sari makanan dari ibu ke janin
d. menyalurkan sisa-sisa metabolisme dari bu ke janin
e. memberi asupan nutrisi ke janin
Jawaban:  d. menyalurkan sisa-sisa metabolisme dari bu ke janin

6. Uterus merupakan organ reproduksi wanita, yang berfungsi sebgaai …
a. kopulasi
b. fertilisasi
c. tempat tumbuh embrio
d. menstruasi
e. tempat bertemunya sel telur dengan sperma
Jawaban: c. tempat tumbuh embrio

7. Masa pubertas ditandai dengan dihasilkan dan dikeluarkan nya ….
a. sperma oleh individu jantan atau sel telur oleh individu betina
b. testoteron oleh testis dan estrogen oleh ovarium
c. testoteron oleh FSH
d. FSH dan LH
e. estrogen dan FSH
Jawaban: a. sperma oleh individu jantan atau sel telur oleh individu betina

8. Berikut ini gejala AIDS kecuali ….
a. hilang selera makan
b. tubuh lemah
c. flu tidak sembuh-sembuh
d. timbul bisul di kemaluan
e. diare terus menerus
Jawaban: d. timbul bisul di kemaluan

9. Bakteri Treponema palladium penyebab penyakit ….
a. sifilis
b. prostatitis
c. gonorheae
d. AIDS
e. HIV
Jawaban: a. sifilis

10. Virus HIV menyerang ….
a. saraf
b. mata
c. sistem kekebalan
d. paru-paru
e. kaki dan tangan
Jawaban: c. sistem kekebalan

11. Berikut ini adalah reproduksi pria, kecuali …
a. p*nis
b. testis
c. ureter
d. skrotum
e. vas deferens
Jawaban: c. ureter

12. Sperma disalurkan ke luar tubuh melalui ….
a. testis
b. skrotum
c. kelenjar seminal
d. uretra
e. vas deferens
Jawaban: d. uretra

13. Fertilisasi pada manusia terjadi di ….
a. vagina
b. uterus
c. ovarium
d. oviduk
e. serviks
Jawaban: d. oviduk

14. Proses pembentukan sperma pada manusia ialah ….
a. oogenesis
b. spermatogenesis
c. meiosis
d. mitosis
e. fertilizin
Jawaban: b. spermatogenesis

15. Testis dan kelenjar kelamin berfungsi memproduksi ….
a. sperma dan enzim
b. air seni dan sperma
c. hormon dan enzim
d. sperma dan hormon
e. hormon dan air seni
Jawaban: d. sperma dan hormon

Soal PG Biologi "Struktur dan Fungsi Penyusun Organ Pada Sistem Reproduksi" Cuntorio.com

0 Response to "Soal PG Biologi "Struktur dan Fungsi Penyusun Organ Pada Sistem Reproduksi""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel